Jumat 19 Februari 2021, 20:13 WIB

306 Anggota Ditnarkoba Polda Metro Jalani Tes Urine

Rahmatul Fajri | Megapolitan
306 Anggota Ditnarkoba Polda Metro Jalani Tes Urine

Antara
Ilustrasi

 

SEBANYAK 306 anggota Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menjalani tes urine pada Jumat (19/2) siang. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan setelah dilakukan tes urine, semuanya dinyatakan negatif narkoba.

"Hasil tes seluruhnya negatif," kata Yusri, melalui keterangannya, Jumat (19/2).

Yusri merinci anggota Ditresnarkoba Polda Metro Jaya seluruhnya berjumlah 423 personil. Namun, sebanyak 117 orang belum melakukan tes karena ada tugas dan perjalanan dinas.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan pemeriksaan tersebut melibatkan tim medis dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Metro Jaya dan pengawasan dari Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam).

Sebelumnya, dalam upaya menindaklanjuti adanya anggota Polri yang terlibat penyalahgunaan narkoba, Propam Polri dan Polda jajaran akan menggelar operasi cek urine seluruh petugas.

Baca juga : Polda Metro Jaya Buka Layanan Pengaduan Kasus Mafia Tanah

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menyatakan bahwa operasi tes urine tersebut akan diadakan serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Kita akan melakukan cek urine terhadap anggota yang berdinas di lokasi-lokasi yang banyak tempat hiburan, dan juga menjadi perdagangan narkoba utk upaya pencegahan," papar Sambo, Jumat (19/2).

Sambo menuturkan pihaknya akan melakukan tes urine itu secara rutin. Tes urine, lanjutnya, bakal dilakukan kepada anggota yang diduga sebagai pengguna.

"Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini Anggota Polri terlibat dan terjerumus dalam lingkaran penggunaan dan perdagangan naskoba," tegasnya.

Sebelumnya, Kapolsek Astana Anyar Yuli Purwanti dan 11 anggotanya ditangkap Propam Polda Jabar dan Mabes Polri. Mereka diduga mengonsumsi narkoba jenis sabu.

"Terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Ada 12 yang diamankan termasuk Kapolsek," tutur Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi Chaniago di Polda Jawa Barat. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

Satpol PP Kalah Cerdik Awasi Tempat Usaha Pelanggar Prokes

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:27 WIB
Alhasil kejadian seperti di Kafe RM yang menyebabkan kejadian penembakan dinilai ada andil pengawasan yang...
Antara/Arif Firmansyah

Tak Ada Festival, Cap Go Meh Bogor Digelar dengan Doa Lintas Agama

👤Dede Susianti 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:21 WIB
Pihak penyelenggara tidak ingin kehilangan momen, agenda rutin tahunan perayaan pesta rakyat Cap Go Meh (CGM) tetap dilakukan. Hanya saja...
Dok Modernland

Siloam Clinic Buka Faskes di Jakarta Garden City

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 21:45 WIB
UPK di Jakarta Garden City yang dikelola Siloam Clinic akan menyediakan pelayanan promotif, preventif, kuratif dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya