Minggu 01 November 2020, 14:03 WIB

Pulang dari Libur Panjang, Warga Jakarta Diminta Isolasi Mandiri

Hilda Julaika | Megapolitan
Pulang dari Libur Panjang, Warga Jakarta Diminta Isolasi Mandiri

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
.

 

DPRD DKI menyarankan warga Jakarta yang berlibur ke luar kota untuk melakukan isolasi mandiri. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang berujung pada klaster liburan. Pasalnya selama libur panjang akhir Oktober, banyak warga DKI yang berlibur ke luar kota.

“Sebaiknya semua yang pergi keluar kota diingatkan agar punya kesadaran selama 2 pekan bermasker ketat di mana pun. Kalau bisa isolasi mandiri sampai 2 pekan,” kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI-P Gilbert Simanjuntak kepada Media Indonesia, Minggu (1/10).

Menurutnya, tindakan isolasi mandiri dan menggunakan masker yang ketat akan sangat membantu pemerintah dalam upaya mencegah munculnya klaster liburan. Masyarakat sudah seharusnya menyadari diri bahwa dengan bepergian sangat berpotensi membawa virus.

“Ini akan banyak sekali membantu pemerintah, karena mereka pergi dengan kemauan dan kesadaran sendiri. Harusnya kembali ke tempat semula mereka juga menyadari ada potensi membawa virus dan menulari orang lain,” paparnya.

Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk menggencarkan tes PCR di tingkat RT/RW. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka mengantisipasi terjadinya klaster liburan usai libur panjang akhir Oktober ini.

“Menurut saya, Pemprov harus segera melakukan tes masif lagi, terutama di tingkat RT/RW dan skala komunitas,” kata Trubus kepada Media Indonesia, Minggu (1/11). (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbarr

'Positivity Rate' di Jakarta Di Bawah 1%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:34 WIB
Total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 841.592 dengan tingkat kesembuhan 98,2%, dan total 13.500 orang meninggal dunia dengan tingkat...
MI/Ramdani

Amankan PON XX Papua, Polda Kalteng Kirim Dua Kompi Pasukan Brimob

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:33 WIB
Diharapkan dengan bekal latihan yang sudah dilakukan dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan, seluruh personel pengamanan dapat...
MI/Galih Pradipta

Anggaran Habis, Perbaikan Gedung Sekolah Rusak di Depok Ditunda

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:22 WIB
Dinas Pendidikan Depok telah mengajukan rehabilitasi gedung sekolah yang rusak kepada Wali Kota melalui Dinas Perumahan dan Permukiman...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya