Kamis 27 Agustus 2020, 10:15 WIB

DKI Izinkan Acoustic Live karena Tidak Ingar Bingar

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DKI Izinkan Acoustic Live karena Tidak Ingar Bingar

MI/DEDE SUSIANTI
Pengunjung menikmati musik akustik di kafe

 

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengizinkan restoran atau kafe menyelenggarakan acara live music yang akustik.

Ketentuan itu tertuang dalam surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 2976 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi

"Akustik kan band yang tidak ingar bingar, yang memang iramanya atau genrenya cocok untuk mengantarkan orang sambil makan," ungkap Plt Kadis Parekraf Gumilar Ekalaya, Jakarta, Rabu (26/8).

Sederet aturan harus dipatuhi pengelola restoran dan kafe dalam menyelenggarakan live music. Gumilar menekankan yang terpenting ialah jangan membuat kerumunan di tengah covid-19 di satu tempat makan.

Baca juga: Ini Prosedur Antisipasi Penularan Covid-19 di Bioskop

Ketentuan lainnya yang diatur anak buah Gubernur Anies Baswedan itu ialah artis terkenal dilarang manggung di restoran atau kafe.

"Ya kan maksudnya tujuan utamanya adalah untuk menghindari kerumunan di dalam restoran. Kalau misalkan artis dari luar negeri yang memang top (datang), kebayang membludaknya restoran itu," jelas Gumilar.

Dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 3421 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Live Musiv pada Jenis Usaha Restoran/Tempat Makan atau kafe, musisi atau band yang tampil dharuskan menerapkan protokol kesehatan.

"Sebenarnya hanya band reguler yang memang biasa mengiringi pengunjung makan, bukan show khusus yang didatangkan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Intinya untuk mengurangi kerumunan di restoran," pungkas Gumilar. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Fakhri Hermansyah

Kemenkes Bayar Klaim Dana Covid-19 RSUD Kota Bekasi untuk Januari 2021

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 25 Juni 2021, 11:23 WIB
"Ini menjadi kabar baik bagi Pemerintah Kota Bekasi, khususnya RSUD Cam Kota Bekasi, untuk menutupi kebutuhan biaya operasional rumah...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Kasus Covid-19 Melonjak, DKI Perlu Tambah Tenaga Medis

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 25 Juni 2021, 10:34 WIB
DPRD mendorong Pemprov DKI kembali melakukan penambahan tenaga kesehatan (nakes), khususnya yang berjuangan langsung menangani...
ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Masjid Al Azhar Tetap Gelar Salat Jumat dengan Kapasitas 25%

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 25 Juni 2021, 10:27 WIB
Protokol kesehatan (prokes) tetap diberlakukan dengan lebih ketat di antaranya setiap jamaah di pintu gerbang diukur suhu tubuhnya dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya