Rabu 26 Agustus 2020, 11:40 WIB

Covid-19 Naik, Pakar Kesehatan: Anies Perlu Terapkan Rem Darurat

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Covid-19 Naik, Pakar Kesehatan: Anies Perlu Terapkan Rem Darurat

AFP/Ulises Ruiz
Mural covid-19

 

Pakar Kesehatan Masyarakat Hermawan Saputra menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta perlu mengetatkan kembali aktivitas dengan mengeluarkan kebijakan rem darurat atau kembali ke PSBB untuk menekan penularan covid-19.

Besok (27/8) merupakan hari terakhir perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Namun, persentase positivity rate covid-19 di Jakarta selama sepekan terakhir mencapai 10% dan kasus positif covid-19 meningkat terus. Bahkan per (25/8) kasus covid-19 menembus hampir 35 ribu.

"Saya berharap DKI Jakarta ke depan ada periode khusus untuk kembali mengetatkan PSBB untuk menghambat laju penularan covid-19," kata Hermawan, Rabu (26/8).

Menurut Hermawan, pembukaan aktivitas kembali sejak 5 Juni lalu oleh DKI dalam masa PSBB transisi, dianggap tidak efektif menekan penularan covid-19. Seperti diketahui, perkantoran di Ibu Kota sejak 8 Juni sudah dibuka. Setelah itu muncul klaster covid-19 baru di perkantoran.

Baca juga: Pimpinan DPRD Minta Anies Berani Lockdown DKI

"Kalau sekarang ini memang sama sekali tidak efektif karena kasus harian naik terus dan terjadi transmisi di mana-mana karena ada keterbukaan aktivitas yang ramai," jelas Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tersebut.

Hermawan menyebut kebijakan perpanjangan PSBB masa transisi ini memang untuk meningkatkan pergerakan ekonomi di Jakarta. Sejak April hingga awal Juni, kegiatan di Jakarta ditutup hingga membuat perekonomian hampir lumpuh di hampir semua sektor kerja.

Namun, seiring dengan pembukaan aktivitas, kasus positif covid-19 terus bertambah. Rata-ratanya 600 kasus.

"Seharusnya pemerintah DKI pada waktu yang tepat sembari mempersiapkan daya tahan ekonomi harus siap dengan pengetatan PSBB secara optimal," pungkas Hermawan. (OL-14)

Baca Juga

Dok.MI

Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Tabrak 4 Kendaraan di Senayan

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:55 WIB
AL menabrak pengendara sepeda motor yang berboncengan, yakni ADR dan AA di halte bus TransJakarta Bundaran Senayan. Namun, AL terus melaju...
MI/ADAM DWI

Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Mulai 26 Januari 2022

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:02 WIB
Revitalisasi Bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan,...
MI/BRIYANBODO HENDRO

Jakarta Akan Diguyur Hujan dengan Intensitas Sedang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 06:28 WIB
Pada Sabtu pagi, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara diperkirakan akan diguyur hujan ringan, sementara Jakarta Selatan, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya