Kamis 20 Agustus 2020, 09:30 WIB

Bantah PDIP, DKI: Kampung Akuarium Bisa Dibangun Rumah Susun

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Bantah PDIP, DKI: Kampung Akuarium Bisa Dibangun Rumah Susun

Antara/ivan Awal Lingga
Dua orang anak bermain di Kampung Akuarium, Jakarta, Rabu (19/8/2020)

 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan kawasan Kampung Akuarium bisa dibangun untuk rumah susun. Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko.

Ia mengklaim tanah di kawasan tersebut sebagai sub zona pemerintah daerah (P3), sehingga pembangunan tempat hunian di Kampung Akuarium tidak bermasalah.

"Diizinkan untuk kegiatan rumah susun oleh pemerintah," kata Sarjoko saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (19/8).

Pernyataan Sarjoko tersebut sekaligus membantah pernyataan dari Fraksi PDI Perjuangan DKI Jakarta yang menuding Gubernur Anies Baswedan telah melanggar peraturan daerah (perda) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.

Baca juga: DKI Bantah Kampung Susun Akuarium Langgar Perda

Dalam dokumen perda RDTR Nomor 1 Tahun 2014 pada Pasal 601, pada bagian zona pemanfaatan ruang Kecamatan Penjaringan, tertulis sub zona P3 adalah zona pemerintahan daerah. Namun Sarjoko tak merincikan soal zonasi wilayah itu.

Ia menyerahkan kepada Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI, namun hingga saat ini belum ada respons dari dinas tersebut.

Kawasan Kampung Akuarium bakal diubah menjadi tempat hunian layak yang berdiri di lahan seluas 10.000 meter persegi. Terdiri dari 5 blok bangunan dengan 241 unit hunian dengan biaya Rp62 miliar.

Sebelumnya, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Johny Simanjutak berpendapat apa yang dikerjakan Anies Baswedan terkait pembangunan Kampung Akuarium di Penjaringan, Jakarta Utara adalah salah besar.

"Tindakan Anies itu sangat serius kesalahannya. Kawasan Akuarium itu kan masih masuk zona merah atau kawasan pemerintahan. Enggak bisa untuk dibangun permukiman," tegas Johny kepada mediaindonesia.com, Selasa (18/8). (OL-14)

 

Baca Juga

Dok.MI

Anies: Manfaat Formula-e Tidak Hanya untuk Jakarta, Juga Indonesia

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 18:11 WIB
Anies Baswedan berharap dengan diputuskannya Ibu Kota menjadi tuan rumah balapan mobil listrik itu dapat bermanfaat bagi Jakarta dan...
Dok.MI/Instagram

Polisi Periksa Rachel Vennya Kamis Minggu Depan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 16:28 WIB
Selebgram Rachel Vennya diketahui kabur saat menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet usai berlibur dari luar...
Ilustrasi

Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Crane Rubuh di Proyek PDAM Depok

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 16:17 WIB
Dalam insiden itu ada tiga orang yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya