Kamis 06 Agustus 2020, 16:20 WIB

Transisi DPRD Jadi Penyebab Produk Legislasi DPRD Rendah di 2019

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Transisi DPRD Jadi Penyebab Produk Legislasi DPRD Rendah di 2019

MI/Susanto
Pelantikn anggota DPRD DKI Jakarta

 

Indeks Demokrasi (IDI) tahun 2019 untuk Provinsi DKI Jakarta mendapatkan skor yang tertinggi se-Indonesia dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Namun, di penilaian indikator produk peraturan daerah (perda) yang dihasilkan berdasarkan inisiatif DPRD pada aspek lembaga demokrasi justru mendapatkan nilai 0 dari BPS. Hal ini disebabkan pada 2019 hanya satu perda inisiatif DPRD yang mampu disahkan menjadi perda.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan menyebut transisi periode DPRD DKI pada 2019 menjadi penyebab rendahnya produk legislasi yang dihasilkan.

Baca juga: Indeks Demokrasi Jakarta Tertinggi, Ini PR Dari BPS

Pada 2019, Indonesia memang sedang menggelar pesta politik, yakni pemilu legislatif yang serentak dengan pemilu presiden.

"Pastinya di situ ada transisi periode dari periode 2014-2019 ke anggota DRPD periode 2019-2024. Ada kekosongan beberapa bulan yang terjadi sehingga produk legislasinya rendah," kata Pantas Nainggolan, anggota DPRD DKI dari fraksi PDIP, Kamis (6/8).

Menurutnya, meski DPRD DKI yang terpilih dilantik segera setelah hasil Pemilu ditetapkan (26 Agustus 2019), tapi alat kelengkapan dewan (AKD) tidak langsung terbentuk.

AKD yang terdiri dari ketua, wakil ketua, komisi, fraksi hingga badan-badan yang ada di DPRD baru terbentuk secara keseluruhan pada September 2019.

Dari situlah, Pantas sebagai ketua berupaya untuk menjembatani rancangan perda-perda pada Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2019 yang masih bisa dilakukan pembahasan.

"Upayanya ya raperda yang masuk Prolegda 2019 kita upayakan masuk ke Prolegda tahun ini. Makanya tahun ini yang masuk Prolegda itu kebanyakan utang Prolegda tahun lalu. Kita beresin utang kita sembari juga mengakomodasi usulan raperda baru," ujarnya. (OL-14)

Baca Juga

Setwapres

Wapres Apresiasi Peningkatan Layanan Publik di Banten

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:26 WIB
Masih menurut Wapres, sebagai lrovinsi yang paling dekat dengan Jakarta, posisi Banten menjadi...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PDI Perjuangan Sebut Program Penanganan Banjir Anies Gagal Total

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:43 WIB
Hardiyanto Kenneth secara terbuka meminta maaf kepada warga Jakarta, khususnya korban banjir akibat hujan deras pada Selasa (18/1) di...
dok.ist

Peradi Tower Bakal Hadir di Sudut Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:15 WIB
DEWAN Pimpinan Nasional Peradi memiliki gedung baru lantai tujuh yang akan digunakan sebagai kantor sekretariat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya