Selasa 28 Juli 2020, 13:40 WIB

Lurah Menteng Atas Akui Dua RW Miliki Kasus Covid-19 yang Tinggi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Lurah Menteng Atas Akui Dua RW Miliki Kasus Covid-19 yang Tinggi

Dok.Ist
Surat dari pengelola Apartemen Taman Rasuna kepada warga RW 05 dan 06 Kelurahan Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan

 

Lurah Menteng Atas Zulkarnain angkat bicara soal keluhan warganya yang berada di RW 05 dan 06 yang merasa dirugikan wilayahnya dicap zona hitam covid-19 oleh pengelola Apartemen Taman Rusuna, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Menurutnya, dua RW itu memiliki kasus covid-19 tinggi. Memang, katanya, tidak ada penamaan zona hitam yang diatur oleh aturan Kementerian Kesehatan. Namun, istilah itu dibuat untuk meningkatkan kewaspadaan warga terhadap penularan virus covid-19.

"Zona hitam itu sebenarnya tidak ada. Sebenarnya itu imbauan untuk waspada karena kita sudah masuk zona merah. Jadi, harus lebih waspada lagi," ungkap Zulkarnain, Selasa (28/7).

Dinas Kesehatan DKI, imbuhnya, sudah mengatur zona penularan covid-19, yakni zona hijau untuk 0 kasus. Zona kuning 0-3 kasus, sedangkan zona merah lebih dari 3 kasus.

Zulkarnain berdalih karena kasus covid-19 di dua RW tersebut tinggi, maka disebut zona hitam oleh pengelola Apartemen Taman Rusuna.

Baca juga: Warga Menteng Atas tak Terima Daerahnya Disebut Zona Hitam Korona

Ia menyebut di RW 05 Kelurahan Menteng Atas ada 22 kasus covid-19. Wilayah tersebut masuk ke zona merah. Lalu RW 06 yang memiliki 7 kasus covid-19. Oleh karena itu, warga di RW 05 dan RW 06 diminta untuk lebih waspada dan patuh terhadap protokol kesehatan.

"Jadi, lumayan besar kasus covid-19 di dua RW itu. Ini yang perlu kita sosialisasi langsung kepada warganya agar mematuhi protokol. Tidak ada maksud lain, agar kita lebih waspada karena kasus positif aktif sedang banyaknya di wilayah kita," jelas Zulkarnain.

Pengelola Apartemen Taman Rusuna telah mengadakan swab test ke warga yang berada di tempat hunian tersebut pada Jumat 24 Juli lalu. Namun, kata Zulkarnain, hasilnya belum keluar sampai sekarang.

"Kami dapat informasi sudah dilaksanakan swab-nya. Informasinya lebih dari 100 orang, tapi masih ada di pihak puskesmas datanya," tukasnya.

Awalnya, kasus penularan covid-19 terjadi di RW 10 Kelurahan Menteng Atas. Namun, warga tersebut sudah dinyatakan sembuh. Zulkarnain menyebut untuk mengantisipasi penularan covid-19 pihaknya aktif melakukan swab test massal. (OL-14)

 

Baca Juga

DOK @lestykejora di Instagram.

Polisi akan Cek Kondisi Psikologis Lesti Kejora Korban KDRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 16:49 WIB
Polisi bakal mengecek kondisi psikologis penyanyi dangdut Lesti Kejora setelah diduga menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)...
DOK @lestykejora di Instagram.

KDRT Lesti Kejora, Rizky Billar Terancam Lima Tahun Penjara

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 16:41 WIB
Lesti Kejora melaporkan suaminya Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada Rabu...
Antara

KAI Terapkan Face Recognition, Boarding Cukup Pindai Wajah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 September 2022, 15:53 WIB
Face Recognition Boarding Gate mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh, tanpa perlu repot menunjukan berbagai dokumen. Seperti, boarding pass...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya