Jumat 19 Juli 2019, 20:17 WIB

Getah Getih Dibongkar, Anies Siapkan Seni Instalasi Lain

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Getah Getih Dibongkar, Anies Siapkan Seni Instalasi Lain

Antara/Reno Esnir
Lokasi Getah Getih yang baru saja dibongkar

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan membantah pemasangan seni instalasi berbahan bambu Getah Getih yang baru saja dibongkar merupakan bentuk kesia-siaan. Ia mengklaim, karya seni yang berada di Jalan MH. Thamrin itu dipaang sebagai bagain mempercantik ibu kota kala menggelar Asian Games 2018.

"Semua yang kita pasang kemarin dalam rangka menyambut Asian Games sudah dicopot beberapa bulan sesudah Asian Games, termasuk instalasi bambu itu dalam rangka menyambut Asian Games. Bertahan sampai bulan Juli adalah bonus. Yang lain-lain sudah dicopot semua," kata Anies.

Ia menegaskan ke depan akan terus memasang karya seni di sudut-sudut Jakarta dan bukan hanya di Bundaran HI. Karya seni yang akan dipasang pun akan mengutamakan bahan-bahan lokal.

Baca juga : Pasang Getah Getih, Anies Dianggap Sia-siakan Uang Rakyat

"Jadi tidak di lokasi yang sama. Tapi kita akan mengundang lebih banyak lagi pengrajin, seniman yang menggunakan material lokal untuk mengekspresikan karyanya di Jakarta. Lokasi bisa di mana saja," tegasnya.

Berkaca dari pemasangan Getah Getih yang menelan dan Rp550 juta, Anies menilai, uang yang dikeluarkan Pemerintah provinsi DKi Jakarta kembali rakyat kecil, berupa petani bambu. Berbeda jika bahan dasar seni instalasi itu berasal dari bahan baku impor, seperti besi.

"Anggaran itu ke mana perginya, perginya ke petani bambu. Uang itu diterima oleh rakyat kecil. Kalau saya memilih besi, maka itu impor dari Tiongkok mungkin besinya. Uangnya justru tidak ke rakyat kecil. Tapi kalau ini, justru Rp 550 juta itu diterima siapa? Petani bambu, pengrajin bambu," ungkapnya di Balai Kota.

Getah Getih pun dinilainya bukan pemborosan, karena dari proyeksi bertahan 6 bulan, Getah-Getih justru mampu bertahan hingga 11 bulan sebelum akhirnya dibongkar Pemprov karena temakan usia. (OL-7)

 

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay

Kurangi Penyebab Kemacetan, Dishub DKI Tutup 4 Putaran Balik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 Februari 2023, 09:55 WIB
DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menutup empat titik putaran balik (u-turn) di wilayah Jakarta Pusat tahun...
MI/ANDRI WIDIYANTO

NasDem Sebut Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino Masuk Bursa Cagub DKI

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 09:44 WIB
Untuk Sahroni, Hasan meyakini memiliki elektabilitas yang tinggi. Mengingat Wakil Ketua Komisi II itu sudah dua periode menjadi anggota...
DOK.MI

Polisi Amankan Driver Ojol Aniaya Karyawan Restoran di Jakbar

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:57 WIB
Tersangka IIR ditangkap oleh personel Polsek Metro Kembangan, Jakarta Barat, di salah satu rumah kerabatnya pada Senin (6/2) sekitar pukul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya