Kamis 27 Oktober 2022, 14:17 WIB

Indonesia Dapat Tambahan 5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari AS

Cahya Mulyana | Internasional
Indonesia Dapat Tambahan 5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 dari AS

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin dosis ketiga saat vaksinasi COVID-19 booster di Desa Warnasari, Jembrana, Bali

 

AMERIKA Serikat (AS) mengirim lima juta dosis vaksin Pfizer covid-19 untuk mendorong vaksinasi Indonesia. Total, Paman Sam telah menyumbangkan 40,8 juta dosis vaksin ke Indonesia dan lebih dari 620 juta vaksin ke lebih dari 120 negara di berbagai kawasan dunia.

"Saya mengucapkan selamat kepada pemerintah Indonesia yang telah berhasil melakukan vaksinasi penuh kepada 73% penduduknya dengan vaksin covid-19," kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim dalam keterangannya, Kamis (27/10).

Menurut dia pengiriman vaksin tambahan itu menunjukkan komitmen berkelanjutan AS untuk memenuhi janji Presiden Joe Biden untuk menyumbangkan 1,2 miliar dosis vaksin covid-19 yang aman dan efektif ke seluruh dunia.

"Pengiriman baru dosis vaksin yang aman dan efektif ini akan membantu Indonesia untuk terus mencapai cakupan vaksin dan booster yang lebih tinggi. AS terus berkomitmen pada kemitraan strategis kami dengan Indonesia untuk mencapai tujuan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan," lanjutnya.

Baca juga: Ini Manfaat Memberi Reward pada Anak

Sejak awal pandemi, Pemerintah AS telah menyediakan lebih dari 77 juta dolar AS untuk mendukung langkah tanggapan covid-19 di Indonesia.

Dia menyebutkan AS melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), telah membantu lebih dari 840.000 petugas kesehatan garis depan dan memperkuat hampir 2.000 rumah sakit, klinik, dan laboratorium.

AS juga berkomitmen untuk bermitra dengan Pemerintah dan rakyat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa. Pada saat yang sama kemitraan ini juga memperkuat pemulihan ekonomi dan menjaga kemajuan pembangunan selama puluhan tahun yang telah dikacaukan oleh pandemi. (OL-4)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya