Selasa 19 Juli 2022, 14:47 WIB

Rusia Ubah Strategi karena AS Pasok Sistem Roket Himars ke Ukraina

Cahya Mulyana | Internasional
Rusia Ubah Strategi karena AS Pasok Sistem Roket Himars ke Ukraina

AFP
High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) milik Amerika Serikat

 

MENTERI Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu mengubah strategi dengan mengadopsi serangan jarak jauh. Cara itu supaya serdadu Moskow tidak banyak menjadi korban artileri canggih Himmars (High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) buatan Amerika Serikat.

"Menhan menginstruksikan para komandan untuk memprioritaskan rudal jarak jauh dan artileri musuh dengan menggunakan senjata berpresisi tinggi," ujar keterangan resmi Kementerian Pertahanan Rusia.

Perintah ini merupakan strategi terbaru Rusia dalam melakukan demiliterisasi di Ukraina, yang sudah dimulai sejak 24 Februari. Senjata jarak jauh menjadi fokus Rusia seiring bertambahnya pasokan persenjataan dari negara-negara Barat.

Ukraina telah menerima delapan sistem artileri jarak jauh himars dari AS dalam beberapa pekan terakhir. Senjata ini mampu menggempur target dari jarak sekitar 80 kilometer.

Himars memungkinkan digunakan nUkraina untuk menyerang pusat logistik Rusia. AS berjanji akan menambah empat unit Himars dan Inggris akan mengirim sistem rudal jarak jauh ke Ukraina.

Vadym Skibitskyi, perwakilan intelijen militer Ukraina, mengatakan bahwa pihaknya secara konstan mengikuti pergerakan pasukan Rusia.

"Musuh sudah mengevaluasi ancaman, dan mulai merelokasi tempat penyimpanan logistiknya lebih jauh dari garis depan," sebut Skibitskyi.

Rusia mengeklaim telah menghancurkan sebuah Himars dan kendaraan logistik Ukraina di Donetsk. Rusia juga mengeklaim telah menghancurkan sebuah gudang di Odesa yang menyimpan senjata anti-kapal Harpoon. (Miami Herald/OL-8)

Baca Juga

AFP/EDUARDO MUNOZ

Penikam Rushdie Simpatisan Iran

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 12:45 WIB
Matar menikam Rushdie tepat di leher dan dadanya pada Jumat...
AHMAD GHARABLI / AFP

Delapan Warga Israel Jadi Sasaran Penembakan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:47 WIB
Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah bus di dekat Kota Tua Yerusalem pada Minggu (14/8), yang melukai delapan warga...
Andrey BORODULIN / AFP

Ukraina Siap Rebut Kembali PLTN Zaporizhia dari Tangan Militer Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:39 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menuduh bahwa Rusia menggunakan PLTN itu sebagai perisai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya