Senin 11 Juli 2022, 19:05 WIB

Kemenlu Pastikan 340 WNI di Sri Lanka Aman

Cahya Mulyana | Internasional
Kemenlu Pastikan 340 WNI di Sri Lanka Aman

AFP/Arun SANKAR
Ratusan warga berbaris untuk memasuki Gedung Sekretariat Presiden di Kolombo, Sri Lanka, Senin (11/7).

 

KEMENTERIAN Luar Negeri Republik Indonesia memantau kondisi keamanan Sri Lanka yang sedang bergejolak. Sebanyak 340 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sana dilaporkan belum membutuhkan evakuasi.

"Sejauh informasi yang diperoleh dari Ibu Dubes RI di Sri Lanka, kondisi mereka baik," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Media Indonesia di Jakarta, Senin (11/7).

Menurut dia, data yang dimiliki Kemenlu mengungkapkan jumlah WNI yang saat ini berada di Sri Lanka sebanyak 340 orang. Seluruhnya tidak terpengaruh dari buruknya gejolak politik negeri itu.

Karena itu, pihaknya pun belum memutuskan untuk mengevakuasi 340 WNI ke Tanah Air. "Sejauh ini tidak ada keputusan untuk evakuasi," pungkasnya.

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa berencana untuk mengundurkan diri. Keputusan itu diutarakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardena pada Sabtu (9/7).


Baca juga: Demonstran Serahkan Uang dan Dokumen dari Rumah Rajapaksa


Ia mengatakan bahwa Rajapaksa sudah memberi tahu dia bahwa sang Presiden akan mengundurkan diri pada Rabu (13/7). Untuk itu, semua rakyat Sri Lanka diminta kembali menjalankan aktivitas seperti biasa.

"Keputusan untuk mundur pada 13 Juli diambil untuk memastikan penyerahan kekuasaan secara damai. Karena itu, saya meminta masyarakat untuk menghormati hukum serta menjaga perdamaian," ujarnya.

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe juga mengatakan dirinya bersedia mengundurkan diri untuk memberi jalan bagi pembentukan yang akan diisi semua partai. Keputusan itu menunjukkan Rajapaksa menyerah pada tekanan rakyatnya.

Para pengunjuk rasa pada Sabtu (9/7) menyerbu kediaman resmi Presiden dan membakar kediaman Perdana Menteri di Kolombo. Saat kejadian, Rajapaksa maupun Wickremesinghe sudah mengasingkan diri.

Pengumuman soal pengunduran diri Rajapaksa disambut dengan pesta kembang api. Namun, Presiden Rajapaksa belum mengonfirmasi kabar yang disampaikan Mahinda. (S-2)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Kuasa Hukum Assange Gugat CIA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 11:11 WIB
Mereka mengklaim hak mereka untuk mendapatkan perlindungan sebagai warga AS telah...
AFP

Raja Malaysia Tiba di Turki untuk Kunjungan Kenegaraan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 09:14 WIB
Raja Malaysia Sultan Abdullah tiba di Turki pada Senin (15/8) untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tujuh hari, menurut laporan...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar Jatuhkan Vonis Enam Tahun untuk Suu Kyi dalam Kasus Korupsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 05:15 WIB
Suu Kyi telah ditahan sejak pemerintahannya digulingkan oleh militer dalam kudeta pada 1 Februari tahun lalu yang mengakhiri periode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya