Selasa 26 April 2022, 08:34 WIB

Rusia Peringatkan AS dan Nato, Konflik Ukraina Bisa Jadi Perang Dunia III

Nur Aivanni | Internasional
Rusia Peringatkan AS dan Nato, Konflik Ukraina Bisa Jadi Perang Dunia III

AFP
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

 

RUSIA memperingatkan konflik Ukraina berisiko meningkat menjadi perang dunia ketiga. Negara tersebut pun menuduh Kyiv bermain di pembicaraan damai. Hal itu disampaikan sehari setelah pejabat AS mengatakan bahwa pasukan Ukraina bisa mengalahkan invasi Moskow.

Konflik tersebut telah memicu ledakan dukungan dari negara-negara Barat. Pasokan senjata pun mengalir ke Ukraina untuk membantu mereka berperang melawan pasukan Rusia.

Saat berbicara kepada kantor berita Rusia, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengkritik pendekatan Kyiv untuk menggagalkan pembicaraan damai. "Risiko Perang Dunia III sangat serius. Itu nyata, Anda tidak bisa meremehkannya," kata Lavrov, Senin (25/4) waktu setempat.

Sementara dia mengatakan pembicaraan dengan Kyiv akan berlanjut, Lavrov menuduh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpura-pura bernegosiasi.

Selama berbulan-bulan, Zelensky telah meminta senjata berat kepada sekutu barat Ukraina, termasuk artileri dan jet tempur.

Seruan itu tampaknya bergema sekarang, dengan sejumlah negara NATO berjanji untuk menyediakan berbagai senjata dan peralatan berat, meskipun ada protes dari Moskow.

"Langkah pertama untuk menang adalah percaya bahwa Anda bisa menang," kata kepala Pentagon Lloyd Austin kepada sekelompok wartawan setelah dia dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu Zelensky di Kyiv.

"Kami percaya bahwa kami bisa menang - mereka bisa menang - jika mereka memiliki peralatan yang tepat, dukungan yang tepat," katanya. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Macron Pimpin Prancis Lagi, Jokowi Ucapkan Selamat

Baca Juga

AFP/Noel CELIS

Tiongkok Yakin Pandemi Segera Berakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 14:34 WIB
Otoritas kesehatan Tiongkok merasa yakin pandemi covid-19 segera berakhir seiring dengan jumlah kasus positif dan kematian yang terus...
Azwar Ipank / AFP

Finlandia Melarang, Swedia Tetap Bersikukuh Bolehkan Bakar Alquran

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 31 Januari 2023, 14:33 WIB
Kementerian Luar Negeri Swedia menekankan kembali posisinya dalam membela kebebasan...
SCOTT OLSON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP

Cuaca Buruk Batalkan 800 Jadwal Penerbangan AS 

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 31 Januari 2023, 09:30 WIB
Lebih dari 800 jadwal penerbangan di Amerika Serikat (AS) terpaksa harus dibatalkan imbas cuaca buruk musim dingin. Jumlah penerbangan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya