Rabu 13 April 2022, 10:29 WIB

Perbatasan Dilonggarkan, Selandia Baru Sambut Pelancong Australia

Nur Aivanni | Internasional
Perbatasan Dilonggarkan, Selandia Baru Sambut Pelancong Australia

SAEED KHAN / AFP
Para penumpang melalukan cek di konter untuk penerbangan tujuan Selandia Baru di Bandara Internasional Sydney, Australia.

 

WARG Australia mulai tiba di Selandia Baru hari ini atau Rabu (13/4) setelah negara itu membuka perbatasannya untuk pelancong dari negara tetangganya untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2021.

Selandia Baru memiliki beberapa pembatasan terberat di dunia selama pandemi dan perbatasannya telah ditutup untuk sebagian besar waktu sejak Maret 2020, kecuali untuk gelembung perjalanan yang berlangsung singkat antara Selandia Baru dan Australia tahun lalu yang ditangguhkan setelah beberapa bulan saat covid-19 menyebar.

Tetapi pemerintah telah mulai mengurangi langkah-langkah yang semakin tidak populer itu, berharap untuk meningkatkan pariwisata dan meringankan kekurangan tenaga kerja sekarang karena omikron tersebar luas di dalam negeri.

"Ini adalah langkah pertama dalam menyambut pengunjung internasional kembali ke pantai kami dan kami sangat bersemangat untuk Selandia Baru dan Air New Zealand," kata Chief Customer and Sales Officer Air New Zealand Leanne Geraghty dalam sebuah pernyataan.

Maskapai tersebut mengatakan bahwa mereka menjalankan 11 penerbangan hampir penuh dari Australia dengan pendaratan pertama di Bandara Internasional Auckland pagi ini.

Baca juga: Selandia Baru Bakal Buka Perbatasan Lebih Awal

Tayangan televisi menunjukkan pemandangan emosional dari keluarga dan teman yang bersatu kembali saat dua penerbangan dari Australia mendarat di Auckland.

Orang asing sebelumnya dilarang masuk, dan hingga Februari warga yang ingin kembali harus mengajukan permintaan darurat kepada pemerintah atau mengamankan tempat di fasilitas karantina negara.

Turis dari negara-negara bebas visa termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Singapura sekarang dapat berkunjung mulai 1 Mei. Perbatasan akan tetap ditutup untuk semua pengunjung lain hingga Oktober.

Menteri Tanggap Covid-19 Chris Hipkins mengatakan pembatasan di dalam negeri juga akan semakin dilonggarkan ketika jumlah kasus baru turun dan tekanan di rumah sakit berkurang.

Mulai besok, tidak akan ada lagi pembatasan jumlah orang yang dapat menghadiri acara di dalam ruangan dan akan ada beberapa pelonggaran di mana masker harus dipakai. (Malay Mail/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

Ukraina Bersukacita Usai Kuasai Kembali Pulau Ular

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:03 WIB
"KABOOM! Tidak ada lagi pasukan Rusia di Pulau Ular. Angkatan Bersenjata kami melakukan pekerjaan dengan...
AFP/Alexey DRUZHININ / SPUTNIK

Sebelum Temui Putin, Jokowi Diharuskan Tes PCR

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:58 WIB
Menurut dia Jokowi juga akan rehat sejenak usai dites PCR. Sore harinya, Jokowi baru akan memasuki Kremlin untuk mengikuti serangkaian...
AFP/Menahem Kahana.

Mantan Jurnalis, Calon PM Israel Yair Lapid Punya Putri Autis

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:50 WIB
Sebagai menteri keuangan, Lapid menolak mobil dan sopir yang ditawarkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya