Senin 28 Maret 2022, 09:15 WIB

Putin Dinilai Budanov Gunakan Skenario Korea Memecah Ukraina

Cahya Mulyana | Internasional
 Putin Dinilai Budanov Gunakan Skenario Korea Memecah Ukraina

AFP
Wilayah separati Ukraina yang didukung Rusia akan mendeklarasikan memisahkan diri dari Ukraina

 

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin berusaha untuk membagi Ukraina menjadi dua, meniru pembagian pascaperang antara Korea Utara dan Selatan. Itu diungkap pimpinan Intelijen Militer Ukraina Kyrylo Budanov.

Budanov meramalkan invasi Rusia akan berlangsung lebih lama, setidaknya hingga sebagian wilayah Ukraina memerdekakan diri. Prediksi itu diperkuat usai Leonid Pasechnik, pemimpin Republik Rakyat Luhansk memproklamirkan diri.

“Saya pikir dalam waktu dekat sebuah referendum akan diadakan di wilayah republik, di mana orang-orang akan … mengekspresikan pendapat mereka tentang bergabung dengan Federasi Rusia.”

Budanov mengatakan Putin akan mengambil "skenario Korea" karena rencana merebut Kyiv dan meruntuhkan pemerintahan Volodymyr Zelenskyy gagal. “Ini adalah upaya untuk menciptakan Korea Utara dan Selatan di Ukraina,” katanya.

Para pejabat di Kyiv mengatakan mereka memperkirakan pasukan Rusia sempat menyerang Kyiv dan kota Kharkiv akan bergerak ke timur.

Sementara itu Zelenskyy mengatakan siap membawa negaranya ke status netral. Syaratnya harus diawasi pihak ketiga supaya pelaksanaannya berjalan tanpa intervensi pihak mana pun.

"Ukraina siap untuk membahas mengadopsi status netral sebagai bagian dari kesepakatan damai dengan Rusia tetapi harus dijamin oleh pihak ketiga dan dimasukkan ke dalam referendum," pungkasnya. (The Guardian/OL-13)

Baca Juga; Zelensky Klaim Pengusaha Rusia Tawarkan Dukungan ke Ukraina

Baca Juga

AFP/Tentara Israel.

Tentara Israel Temukan dan Blokade Terowongan Milik Hamas

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 19:05 WIB
Tentara Israel menemukan dan memblokade satu terowongan yang mengarah keluar dari Jalur Gaza. Terowongan itu digali oleh Hamas sebagai...
dok.AFP

Infeksi Covid-19 Meningkat di Xinjiang, Diduga Dari Turis Tiongkok

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 18:53 WIB
PIHAK berwenang Tiongkok di Xinjiang, menegaskan kepada siapapun yang kedapatan atau berani melanggar undang-undang karantina (tidak keluar...
AFP/Pavel Byrkin

Putin Kecam AS Soal Ukraina dan Taiwan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:00 WIB
"Situasi di Ukraina menunjukkan AS sedang berusaha untuk memperpanjang konflik ini. Mereka bertindak dengan cara yang persis sama,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya