Kamis 10 Maret 2022, 10:37 WIB

Diserang Rusia, Ukraina Larang Ekspor Gandum hingga Gula

Insi Nantika Jelita | Internasional
Diserang Rusia, Ukraina Larang Ekspor Gandum hingga Gula

Antara
Ilustrasi ladang gandum.

 

PEMERINTAH Ukraina melarang ekspor gandum, oat, dan bahan pokok makanan lainnya yang penting untuk pasokan makanan global. Hal ini karena pihak berwenang berusaha memastikan mereka dapat memberi makan warganya selama bertahan dari serangan Rusia yang semakin intensif.

Aturan baru tentang ekspor pertanian yang diperkenalkan minggu ini juga melarang ekspor millet, mi tepung soba, gula, daging sapi. Demikian pengumuman pemerintah setempat.

"Larangan ekspor diperlukan untuk mencegah krisis kemanusiaan di Ukraina, menstabilkan pasar dan memenuhi kebutuhan penduduk akan produk makanan penting," ungkap Menteri Agraria dan Kebijakan Pangan Ukraina Roman Leshchenko, dalam sebuah pernyataan di situs web pemerintah dan halaman Facebook-nya.

Langkah tersebut sebagai tanda terbaru bahwa serangan Rusia ke Ukraina mengancam pasokan makanan dan mata pencaharian orang-orang di Eropa, Afrika, dan Asia yang bergantung pada lahan pertanian di wilayah Eropa Timur itu atau dikenal sebagai keranjang roti dunia.

Rusia dan Ukraina dilaporkan bersama-sama memasok hampir sepertiga dari ekspor gandum dan jelai atau barli dunia, yang harganya melonjak sejak invasi.

Produk yang mereka kirim dibuat menjadi roti, mi, dan pakan ternak di seluruh dunia. Larangan ekspor ini bisa menciptakan kerawanan pangan di belahan dunia, seperti Mesir dan Lebanon.

Larangan ekspor memungkinan akan mengurangi pasokan pangan global ketika harga berada di level tertinggi sejak 2011. (ABC News/Ins/OL-10)

Baca Juga

AFP/Hector RETAMAL

Varian Omikron Muncul Lagi di Xinjiang dan Tibet saat Puncak Liburan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:30 WIB
Selama 1-21 Juli 2022, Xinjiang telah menerima 25,5 juta wisatawan atau naik 15,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama...
AFP/Tang Chhin Sothy.

UE Serahkan Teks Final Kesepakatan Nuklir, Respons AS dan Iran Ditunggu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:53 WIB
Uni Eropa mengatakan Selasa (9/8) bahwa mereka mengharapkan Teheran dan Washington untuk sangat cepat menanggapi teks final yang...
AFP/Anwar Amro.

Hizbullah Peringatkan Israel tidak Serang Milisi Palestina di Libanon

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:42 WIB
Pemimpin Hizbullah Libanon Sayyed Hassan Nasrallah, Selasa (9/8), memperingatkan Israel agar tidak memperluas target serangannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya