Selasa 22 Februari 2022, 09:42 WIB

Uni Eropa Perluas Sanksi terhadap Junta Myanmar

Nur Aivanni | Internasional
Uni Eropa Perluas Sanksi terhadap Junta Myanmar

Foto/Mifer/myanmar-now.org
Menteri Investasi Myanmar Aung Naing Oo, salah satu pejabat junta Myamnar yang dikenai sanksi dari Uni Eropa.

 

UNI Eropa, pada Senin (21/2), menambahkan 22 pejabat dari junta militer Myanmar dan empat perusahaan yang terkait dengan rezim tersebut ke dalam daftar sanksi blok tersebut atas tindakan keras yang sedang berlangsung.

Langkah itu membuat jumlah pejabat Myanmar yang ditargetkan dengan pembekuan aset Uni Eropa dan larangan dapat visa menjadi 65 dan perusahaan mencapai 10 sejak militer merebut kekuasaan pada Februari 2021.

Di antara mereka yang menjadi sasaran tersebut adalah menteri investasi, industri dan informasi, pejabat di komisi pemilihan dan anggota senior militer.

Baca juga: Pengadilan Myanmar Tambah Dakwaan untuk Jurnalis AS

Dua perusahaan pertambangan dan energi negara juga ditambahkan ke dalam daftar tersebut, bersama dengan dua perusahaan swasta yang terkait dengan junta.

"Uni Eropa sangat prihatin dengan berlanjutnya eskalasi kekerasan di Myanmar dan evolusi menuju konflik yang berlarut-larut dengan implikasi regional," kata blok itu dalam sebuah pernyataan.

"Sejak kudeta militer, situasinya terus menerus dan sangat memburuk," tambahnya.

Blok itu berulang kali menyerukan penghentian segera semua permusuhan dan diakhirinya penggunaan kekuatan yang tidak proporsional dan keadaan darurat.

Myanmar berada dalam kekacauan, ekonominya lumpuh, dan lebih dari 1.500 warga sipil tewas dalam tindakan keras militer sejak kudeta pada Februari 2021, menurut kelompok pemantau lokal. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/Sahel ARMAN

Pejabat Afghanistan Peringatkan Wabah Penyakit pada Penyintas Gempa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 19:20 WIB
Perserikatan Bangsa-Bangsa dan beberapa negara lain telah mengirimkan bantuan ke daerah-daerah yang terkena dampak, dengan lebih banyak...
AFP/Mahmud Hams.

Warisan nan Kaya Terkubur di Jalur Gaza yang Miskin

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 19:15 WIB
Setelah perang terakhir antara Israel dan Hamas pada Mei 2021 meninggalkan jejak kerusakan di Gaza, Mesir memulai inisiatif rekonstruksi...
DOK ICC.

Lima Catatan Pengadilan Kriminal Internasional yang Berulang Tahun Ke-20

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 18:25 WIB
Israel menentang pengadilan sejak awal. Ia khawatir bahwa para pemimpin dan/atau militernya dapat menjadi sasaran dalam kasus-kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya