Rabu 19 Januari 2022, 09:33 WIB

Menlu AS Dijadwalkan Tiba di Kiev untuk Bertemu dengan Pemimpin Ukraina

Nur Aivanni | Internasional
Menlu AS Dijadwalkan Tiba di Kiev untuk Bertemu dengan Pemimpin Ukraina

AFP/Alex Brandon
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertolak ke Ukraina.

 

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dijadwalkan tiba di Kiev, Rabu (19/1), untuk pembicaraan krisis dengan para pemimpin Ukraina.

Setelah pembicaraan pekan lalu gagal meredakan kekhawatiran, Gedung Putih, Selasa (18/1), memperingatkan bahwa Rusia siap menyerang Ukraina kapan saja.

Itu adalah intensifikasi yang ditandai dari penilaian ancamannya menjelang pertemuan antara Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang diperkirakan di Jenewa, Jumat (21/1).

Baca juga: Sekjen NATO Undang Rusia Berdiskusi Lebih Jauh Soal Ukraina

Menjelang itu, diplomat tinggi AS itu dijadwalkan melakukan kunjungan ke Kyiv untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina.

Itu akan diikuti dengan perjalanan ke Berlin pada Kamis (20/1) untuk pembicaraan empat arah dengan Inggris, Prancis, dan Jerman untuk mencari persatuan Barat.

"Kami sekarang berada pada tahap di mana Rusia kapan saja bisa melancarkan serangan ke Ukraina," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan, pada Selasa.

Moskow telah berulang kali membantah pihaknya merencanakan invasi.

Dalam percakapan telepon antara diplomat tinggi AS dan Rusia menjelang kunjungan Blinken, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan Lavrov telah meminta Blinken untuk tidak mengulangi spekulasi tentang dugaan agresi Rusia yang akan datang.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan bahwa Blinken menekankan pentingnya melanjutkan jalur diplomatik untuk meredakan ketegangan.

Dan seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tujuan Blinken adalah untuk melihat apakah ada jalur diplomatik dan kesamaan di mana Rusia dapat dibujuk untuk mundur dari Ukraina. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Ant/Suwandy

Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina saat Bentrokan di Tepi Barat

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:55 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan Palestina mengatakan bahwa seorang remaja Palestina ditembak mati oleh pasukan Israel pada Sabtu pagi dalam serangan...
MI/Palce Amalo

Rakyat Timor Leste Berharap Ramos Horta Penuhi Janji Kampanye

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:35 WIB
RAKYAT Timor Leste yakin Presiden Ramos Horta akan memenuhi janjinya menjadi presiden bagi seluruh warga, serta mampu membawa negara itu...
Johan ORDONEZ / AFP

Terlibat Korupsi, Dua Putra Mantan Presiden Panama Diadili di AS

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 10:27 WIB
Luis Enrique dan Ricardo Martinelli divonis dituduh menerima suap sebesar $28 juta dari kelompok konstruksi tersebut, di mana $19 juta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya