Rabu 08 September 2021, 13:42 WIB

Gempa 7,0 SR Landa Meksiko Satu Tewas

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Gempa 7,0 SR Landa Meksiko Satu Tewas

AFP/Alfredo Estrella.
Penumpang terlihat di luar Bandara Internasional Benito Juarez di Mexico City, Selasa (7/9) setelah gempa berkekuatan 7,1 melanda.

 

GEMPA kuat melanda Meksiko barat daya di dekat resor pantai Acapulco. Gempa menewaskan sedikitnya satu orang dan merusak bangunan.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa berkekuatan 7,0 SR melanda 11 mil (18 km) timur laut resort Acapulco, Guerrero, pada Rabu (8/9) dini hari. Gempa membuat warga berlarian ke jalan untuk menyelamatkan diri.

Gempa mengguncang lereng bukit di sekitar resort, menumbangkan pohon, dan melemparkan batu-batu besar ke jalan. "Kami mendengar suara keras dari gedung, suara dari jendela, barang-barang jatuh di dalam rumah, listrik padam," kata Sergio Flores, seorang warga Acapulco.

"Kami mendengar air bocor, air keluar dari kolam, dan orang-orang berteriak, orang-orang yang sangat gugup," imbuhnya. USGS mengatakan gempa pada Rabu dini hari itu sangat dangkal, hanya 7,8 mil (12,5 km) di bawah permukaan.

Pusat peringatan tsunami AS mengeluarkan peringatan setelah gempa, mengatakan gelombang berbahaya mungkin terjadi dalam jarak 185 mil (300 km) dari lokasi gempa. Agensi kemudian memperbarui peringatan mereka untuk mengatakan bahwa ancaman itu telah berlalu.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan meski gempa telah menyebabkan batu-batu berjatuhan ke lereng bukit dan merusak dinding, peristiwa ini tidak menyebabkan kerusakan besar di negara bagian Guerrero, Acapulco, atau wilayah tetangga Oaxaca, atau Mexico City. "Untungnya tidak ada kerusakan serius," katanya.

"Kami tidak memiliki informasi sejauh ini tentang hilangnya nyawa manusia," imbuhnya. Acapulco berjarak kira-kira 230 mil (375 km) dari Mexico City.

Badan pertahanan sipil negara itu mengatakan sedang melakukan peninjauan untuk keselamatan penduduk dan kerusakan di 10 negara bagian. Gubernur negara bagian Guerrero Hector Astudillo mengatakan kepada televisi lokal bahwa seorang pria tewas tertimpa tiang yang jatuh di Coyuca de Benitez, kota kecil di barat Acapulco.

Pihak berwenang melaporkan kebocoran gas di suatu kafe serta kerusakan pada hotel dan rumah sakit umum.
Di Mexico City, 230 mil (375 km) jauhnya, gempa menyebabkan tanah berguncang selama hampir satu menit di beberapa bagian ibu kota. Di lingkungan Roma Sur di Mexico City, lampu padam dan penduduk yang ketakutan bergegas keluar.

Warga berkerumun bersama di tengah hujan, menggendong anak kecil atau hewan peliharaan, terlalu khawatir untuk kembali ke rumah mereka dalam gelap. "Itu sungguh mengerikan. Itu benar-benar mengingatkan saya pada gempa 1985 setiap kali hal seperti ini terjadi," kata Yesmin Rizk, warga Roma Sur berusia 70 tahun.

Baca juga: BMKG Catat Selama Agustus 2021 Terdapat 807 Aktivitas Gempa Tektonik

Dia mengacu pada gempa berkekuatan 8,1 di kota Meksiko pada 19 September 1985. Gempa tersebut menewaskan lebih dari 10.000 orang dan menghancurkan ratusan bangunan. (The Guardian/Straitstimes/OL-14)

Baca Juga

Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...
Medcom.id

Iran: Kesepakatan Nuklir Tergantung Niat Baik Pihak Barat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:38 WIB
AS, yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, hanya berpartisipasi dalam pembicaraan secara tidak langsung atas desakan...
AFP/Abbas Momani.

Ketika Pengendara Mobil Israel Tersesat di Wilayah Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:34 WIB
Polisi mengidentifikasi salah satu orang Israel sebagai penduduk permukiman Shiloh di Tepi Barat. Satu lagi tinggal di kota Elad yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya