Rabu 18 Agustus 2021, 18:55 WIB

Warga Palestina Turut Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Israel

Mediaindonesia.com | Internasional
Warga Palestina Turut Bantu Padamkan Kebakaran Hutan Israel

AFP/Menahem Kahana.
Gambar diambil pada Rabu (18/8) menunjukkan kebakaran hutan yang sudah dikendalikan.

 

KEPALA pemadam kebakaran nasional Israel pada Selasa (17/8) mengatakan kebakaran besar yang telah menghanguskan sebagian besar hutan di barat Jerusalem telah dikendalikan.

Dedi Simchi membuat pengumuman itu setelah perjuangan selama tiga hari yang membutuhkan lebih dari 100 tim pemadam kebakaran dari seluruh negeri, lebih dari selusin pesawat pemadam kebakaran, bahkan meminta sekelompok kecil petugas pemadam kebakaran Palestina dalam contoh kerja sama yang langka.

Api membakar lebih dari 20 kilometer persegi (8 mil persegi) hutan. Musibah ini memaksa ratusan keluarga mengungsi dari rumah mereka di beberapa komunitas di luar Jerusalem. Itu merupakan salah satu kebakaran hutan terbesar dalam sejarah Israel.

Berbicara kepada Channel 13 TV, kepala pemadam kebakaran mengatakan kobaran api dapat dikendalikan. "Api hampir seluruhnya sudah kami padamkan," katanya sebagaimana dikutip dari Al-Arabiya. Dia mengatakan masih ada titik api terisolasi yang membara. Petugas pemadam kebakaran akan bekerja sepanjang malam untuk memastikan api tidak menyala kembali.

Baca juga: Tidak Tahu Ditanya Media Israel, Taliban Pastikan Keamanan Kaum Minoritas

Simchi mengatakan kebakaran itu disebabkan oleh tindakan manusia, tetapi dia tidak mengatakan bahwa itu berupa pembakaran. Cuaca panas, kering, dan musim dingin yang pendek dalam beberapa tahun terakhir telah membuat perbukitan berhutan di dekat Jerusalem sangat rentan terhadap kebakaran hutan.

Kebakaran yang terjadi pada Minggu (15/8) itu menutupi Jerusalem dengan awan hitam dan api oranye besar. Kondisi berangin bersama dengan cuaca musim panas yang panas menyulitkan petugas pemadam kebakaran. Puluhan kru pemadam kebakaran dari seluruh negeri didatangkan. Angkatan udara Israel menyediakan pesawat angkut Hercules untuk membantu dengan menjatuhkan bahan kimia untuk membantu menghentikan penyebaran api.

Pada Senin, para pemimpin Israel meminta bantuan sekutu internasional. Tetapi pada Selasa, para pejabat mengatakan bantuan itu tidak lagi diperlukan.

Baca juga: Dibutakan Ledakan Rudal, Bocah Gaza Palestina Bermimpi Sekolah

Dalam contoh kerja sama yang langka antara Israel-Palestina, Otoritas Palestina di Tepi Barat yang bertetangga mengirim lima truk dan 20 petugas pemadam kebakaran untuk membantu Israel. Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, secara terbuka mengucapkan terima kasih kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas. "Saling peduli dan menyelamatkan nyawa manusia adalah kepentingan bersama bagi kita semua," katanya. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Israel Mulai Penghancuran Tanah Warga Palestina di Desa Jalud

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:45 WIB
Undang-undang negara-bangsa Israel yang disahkan Juli lalu menyatakan bahwa membangun dan memperkuat permukiman sebagai kepentingan...
AFP/Menahem Kahana.

Israel Bebaskan Warga Palestina dengan Syarat setelah Ditahan usai Penggusuran

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:31 WIB
Walid Abu Tayeh, pengacara keluarga, membenarkan pembebasan lima orang yang ditahan sejak Rabu, termasuk Mahmud Salhiya dan...
AFP/Sven Hoppe.

Mantan Paus Benediktus Dituduh Abaikan Kasus Pelecehan Seksual Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:17 WIB
Dalam satu kasus, seorang pendeta paedofilia yang sekarang terkenal bernama Peter Hullermann dipindahkan ke Munich dari Essen di Jerman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya