Selasa 03 Agustus 2021, 06:50 WIB

AS Tolak Rencana Pemilu Myanmar

Nur Aivanni | Internasional
AS Tolak Rencana Pemilu Myanmar

AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

 

AMERIKA Serikat menyebutkan junta Myanmar sedang mempermainkan waktu disaat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bersiap untuk mendorong ASEAN untuk menunjuk seorang utusan. Namun, junta malah mengusulkan pemilu.

Blinken berpartisipasi secara virtual dalam pembicaraan yang melibatkan para menteri luar negeri ASEAN. Menjelang pembicaraan ASEAN, pemimpin junta Myanmar berjanji untuk mengadakan pemilu dan mencabut keadaan darurat pada Agustus 2023, memperpanjang batas waktu awal yang diberikan ketika militer menggulingkan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi pada 1 Februari.

Pengumuman itu, kata seorang pejabat senior AS, merupakan seruan bagi ASEAN untuk meningkatkan upayanya. Sebab jelas junta Myanmar hanya mengulur waktu dan ingin terus memperpanjang kalender demi keuntungannya sendiri.

"Semakin banyak alasan mengapa ASEAN harus terlibat dalam hal ini dan menjalankan serta menjunjung tinggi ketentuan lima poin konsensus yang juga ditandatangani Myanmar," kata dia, Senin waktu setempat.

Pemimpin Junta Min Aung Hlaing, yang menghadiri pertemuan dengan anggota ASEAN pada April lalu, dimana pertemuan itu mengarahkan kepada pernyataan konsensus. Pernyataan itu menyerukan untuk segera diakhirinya kekerasan dan penunjukkan utusan khusus regional.

Namun, pemimpin junta kemudian menjauhkan diri dari pernyataan itu dan tidak ada utusan yang ditunjuk. Sampai saat ini lebih dari 900 orang dilaporkan tewas selama enam bulan di Myanmar oleh junta militer yang menolak perbedaan pendapat. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Penyanyi Hong Kong Anthony Wong Dituduh Tindak Pidana Korupsi

Baca Juga

ilini.com

Penduduk Prancis Sambut Kembalinya La Bise, Cium Pipi ala Mereka

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 22:50 WIB
Salam tradisional Prancis la bise atau saling mencium pipi perlahan-lahan dilakukan lagi ketika wabah virus korona mulai...
Dok KBRI Singapura

Bantuan 122.400 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Singapura untuk Kepulauan Riau  

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 22:20 WIB
Duta Besar RI untuk Singapura, Suyo Pratomo, menyatakan bahwa tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi tantangannya sendiri, dan...
smh.com.au

Mendag Australia akan Kunjungi Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 21:00 WIB
Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Dan Tehan akan melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk Indonesia, untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kawin Kontrak Rendahkan Perempuan

 Kawin kontrak masih ditemukan di Kabupaten Cianjur. Usia pernikahan hanya dua bulan dengan uang mahar Rp15 juta

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya