Kamis 15 Juli 2021, 07:14 WIB

Putin Sebut Rusia-AS Punya Kepentingan Bersama Soal Perubahan Iklim

Nur Aivanni | Internasional
Putin Sebut Rusia-AS Punya Kepentingan Bersama Soal Perubahan Iklim

AFP/ALEXEY NIKOLSKY
Presiden Rusia Vladimir Putin

 

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada utusan iklim AS John Kerry bahwa Moskow dan Washington memiliki kepentingan bersama dalam memerangi perubahan iklim. Hal itu disampaikan Kremlin pada Rabu (14/7).

"Masalah iklim adalah salah satu area di mana Rusia dan Amerika Serikat memiliki kepentingan bersama dan pendekatan serupa," kata Putin dalam sambungan telepon dengan Kerry yang mengunjungi Moskow, seperti yang disampaikan Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Putin mengatakan kepada mantan menteri luar negeri itu bahwa Moskow sangat mementingkan pencapaian tujuan Perjanjian Paris dan menganjurkan dialog de-politisasi tentang perubahan iklim.

Departemen Luar Negeri memberikan deskripsi yang serupa, dengan mengatakan utin dan Kerry menggarisbawahi pentingnya Amerika Serikat dan Rusia bekerja sama di berbagai masalah iklim.

Menurut pernyataan Departemen Luar Negeri, Kerry menunjuk peran Rusia dalam mengatasi perubahan iklim di Dewan Arktik dan upaya untuk mengakhiri emisi dari batu bara.

Pernyataan tentang titik kerja sama yang langka antara kedua negara itu muncul setelah Putin bertemu dengan Presiden AS Joe Biden untuk melakukan pembicaraan di Jenewa bulan lalu.

Moskow menyambut baik kunjungan Kerry dan menyebutnya sebagai langkah yang positif untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

Baca juga:  Biden Jajaki Pajak Penyesuaian untuk Atasi Perubahan Iklim

Selama bertahun-tahun Putin terkenal karena keraguannya tentang pemanasan global buatan manusia dan mengatakan bahwa Rusia akan mendapat manfaat dari itu.

Namun dalam beberapa bulan terakhir dia juga telah membuat pernyataan yang menyatakan bahwa perubahan iklim bukan hanya keuntungan bagi Moskow.

Sekretaris Pers Putin Dmitry Peskov, pada Rabu, mengatakan bahwa perubahan iklim dan dekarbonisasi adalah agenda utama bagi pemimpin Rusia itu. Dia mengatakan masalah iklim adalah di mana dialog antara Rusia dan Amerika mungkin dan perlu.

Awal pekan ini, Kerry bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov - yang dia temui berkali-kali ketika dia menjabat sebagai menteri luar negeri - dengan pasangan itu setuju untuk bekerja sama dalam masalah iklim.

Pada pidato kenegaraan tahunannya pada April, Putin mengatakan Rusia harus beradaptasi dengan perubahan iklim dan meminta negara itu untuk menciptakan industri untuk memanfaatkan emisi karbon.

Perubahan iklim adalah salah satu dari sedikit bidang di mana Amerika Serikat dan Uni Eropa mengatakan mereka siap untuk terlibat dengan Rusia di tengah ketegangan yang tinggi atas berbagai masalah, termasuk Ukraina, serangan siber dan catatan hak asasi manusia Moskow.(AFP/OL-5)

Baca Juga

KENA BETANCUR / POOL / AFP

Menlu Minta Negara Lain Hapus Indonesia dari Redlist Covid-19

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 25 September 2021, 18:34 WIB
Hal ini dikarenakan kasus covid-19 di Indonesia mengalami tren...
AFP/Mazen Mahdi

AS Izinkan Penyaluran Bantuan ke Afghanistan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 25 September 2021, 15:15 WIB
Lisensi kedua mengizinkan transaksi tertentu yang terkait dengan ekspor dan ekspor kembali makanan, obat-obatan, dan barang-barang...
AFP/PAUL RATJE

Imigran Terakhir Disingkirkan dari Bawah Jembatan di Texas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 September 2021, 15:15 WIB
Sekitar 2 ribu imigran diterbangkan kembali ke Haiti menggunakan 17 penerbangan sementara yang lainnya ditampung ke tempat penampungan di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya