Sabtu 24 April 2021, 10:10 WIB

Biden Jajaki Pajak Penyesuaian untuk Atasi Perubahan Iklim

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Biden Jajaki Pajak Penyesuaian untuk Atasi Perubahan Iklim

JIM WATSON / AFP
Presiden AS Joe Biden menyampai pidato Leaders Summit on Climate Session 5 di Gedung Putih, Washington, AS, secara virtual.

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang menjajaki gagasan pajak penyesuaian yang akan mengenakan pungutan pada impor dari negara-negara dengan kebijakan iklim yang lebih lemah, Jumat (23/4) waktu setempat.

"Presiden Biden, saya tahu, sangat tertarik untuk mengevaluasi mekanisme penyesuaian perbatasan," kata utusan khusus Gedung Putih untuk iklim John Kerry dalam sebuah wawancara.

"Dia ingin memeriksa itu dan melihat apakah itu sesuatu yang perlu kami terapkan,” imbuhnya.

Gagasan tersebut menarik minat para pemimpin dunia sebagai cara untuk melindungi pekerja rumah tangga yang membuat barang-barang padat energi sambil mendorong negara lain untuk memangkas emisi mereka. Pajak tersebut akan menghalangi perusahaan untuk mengalihkan operasi ke negara-negara dengan aturan yang tidak terlalu ketat.

"Eropa sudah melihat itu secara mendalam, dan mereka akan mengakhiri penyebarannya jika mereka tidak mendapatkan kepuasan dari Tiongkok dan negara lain sehubungan dengan transisi dari batu bara," ujarnya tak lama setelah berpartisipasi dalam KTT iklim yang diselenggarakan oleh AS.

Biden mendukung penyesuaian perbatasan pada karbon selama kampanye presiden tahun lalu.

Perdana Menteri (PM)  Inggris Boris Johnson telah mendesak negara-negara G-7 untuk memberlakukan pajak pembatasan karbon. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah mengangkat gagasan tersebut sebagai kemungkinan area kolaborasi dengan AS.

Kantor Perwakilan Dagang AS mengatakan pada Maret akan mempertimbangkan penyesuaian perbatasan karbon untuk mendorong aksi iklim secara global sambil melindungi manufaktur domestik. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/William West

Australia-Singapura Segera Buka Travel Bubble dengan Bebas Karantina

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:27 WIB
Rencana kebijakan itu akan dimulai minggu depan. Pengaturan pertama akan difokuskan bagi pelajar dan pelancong bisnis yang sudah...
AFP/Saudi Royal Palace/Bandar Al-Jaloud.

Ini Syarat Saudi kepada AS untuk Normalisasi Hubungan dengan Israel

👤Mediaindonesia.co 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:05 WIB
Pemimpin Saudi mengatakan kepada Sullivan bahwa membangun hubungan diplomatik penuh dengan Israel akan memakan waktu dan sejumlah langkah...
Antara

Menlu RI: Perkuat Kerja Sama Negara Pasifik Lewat Pasific Exposition

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 20:40 WIB
Kegiatan yang mencakup pameran perdagangan, investasi dan pariwisata di kawasan Pasifik, diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2021...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya