Sabtu 10 Juli 2021, 11:25 WIB

Biden Minta Putin Tindak Kelompok Ransomware di Rusia

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Biden Minta Putin Tindak Kelompok Ransomware di Rusia

AFP
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

 

PRESIDEN AS Joe Biden meminta pemimpin Rusia Vladimir Putin untuk mengambil tindakan terhadap kelompok ransomware yang beroperasi di Rusia.

Biden juga mengatakan Amerika Serikat akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk membela warga Amerika dan infrastruktur penting yang terancam oleh serangan siber.

“Biden berbicara dengan Presiden Putin tentang serangan ransomware yang sedang berlangsung oleh penjahat yang berbasis di Rusia yang telah berdampak pada Amerika Serikat dan negara-negara lain di seluruh dunia," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pada Jumat (9/7).

"Presiden Biden menggarisbawahi perlunya Rusia mengambil tindakan untuk mengganggu kelompok ransomware yang beroperasi di Rusia dan menekankan bahwa dia berkomitmen untuk terus terlibat dalam ancaman yang lebih luas yang ditimbulkan oleh ransomware.”

"Presiden Biden menegaskan kembali bahwa Amerika Serikat akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk membela rakyatnya dan infrastruktur kritisnya dalam menghadapi tantangan yang berkelanjutan ini,” imbuhnya.

Serangan ransomware di Amerika Serikat dan negara-negara lain telah meningkat tajam pada tahun lalu dan termasuk serangan tingkat tinggi yang menutup pipa bahan bakar utama di Amerika Serikat bagian timur.

Target ransomware lainnya termasuk departemen kepolisian kota, rumah sakit, dan perusahaan swasta.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Gedung Putih tidak memiliki informasi tambahan atau baru yang menunjukkan bahwa pemerintah Rusia mengarahkan serangan ini, tetapi Kremlin memiliki tanggung jawab untuk mengambil tindakan. (Straitstimes/OL-13)

Baca Juga: FBI: Waspadai Serangan Ransomware Berskala Besar

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Rilis, Hasil Autopsi Lansia Palestina yang Meninggal setelah Ditahan Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:01 WIB
Omar Assad, 78, ditemukan tidak responsif pada dini hari 12 Januari lalu, beberapa menit setelah tentara Israel meninggalkannya di halaman...
AFP/Jack Guez.

Film Israel Tampilkan Dugaan Pembantaian Warga Palestina pada 1948

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:42 WIB
Tantura merupakan desa pesisir Mediterania di barat laut dari tempat yang sekarang disebut Israel. Tempat itu menjadi saksi pertempuran...
JENS SCHLUETER / AFP

Jerman Catat Rekor Kasus Harian Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:22 WIB
Pada awal pandemi virus korona, Jerman lebih berhasil dari pada banyak negara Eropa lainnya dalam mencegah penyberan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya