Rabu 05 Mei 2021, 21:00 WIB

WhatsApp Luncurkan Ulang Sistem Pembayaran di Brasil

Mediaindonesia.com | Internasional
WhatsApp Luncurkan Ulang Sistem Pembayaran di Brasil

buzz-caribbean.com
Ilustrasi

 

Aplikasi pesan instan WhatsApp meluncurkan ulang sistem pembayaran di Brasil, setelah sempat diblokir bank sentral negara tersebut tahun lalu.

Baca juga : Hampir 20 Juta Warga India Terinfeksi Covid-19

"Bagi WhatsApp, adalah hal yang menarik meluncurkan pembayaran karena meningkatkan penggunaan aplikasi," kata COO WhatsApp, Matthew Idema, dikutip dari Reuters, Rabu (5/5).

Mulai 5 Mei waktu setempat, sejumlah pengguna akan mendapat fitur pembayaran di aplikasi WhatsApp. Setelah itu, mereka bisa mengundang pengguna lainnya untuk merasakan layanan terbaru ini.

Pembayaran di WhatsApp menggunakan kartu debit atau kartu perbankan prabayar dengan batas 5.000 reais (sekira Rp1.330.301) per bulan, tanpa biaya administrasi. Batasan mengirim uang lewat WhatsApp meningkat dibandingkan tahun lalu, ketika pertama kali diluncurkan, pengguna hanya diizinkan mengirim 1.000 reais (sekira Rp2.660.602) atau tidak lebih dari 20 transfer per hari.

WhatsApp bekerja sama dengan Visa Inc, Mastercard dan Cielo SA. Kartu yang bisa digunakan di aplikasi ini adalah keluaran Banco do Brasil SA, Banco Inter, Banco Bradesco BA, Itau Unibanco Holding SA, serta layanan teknologi finansial Nubank, Mercado Pago dan Sicredi.

Platform milik Facebook Inc ini sudah meluncurkan sistem pembayaran di Brazil pada Juni 2020 lalu, namun, tidak lama kemudian, bank sentral memblokir karena dianggap bisa merusak sistem pembayaran yang sudah ada, termasuk dari segi kompetisi, efisiensi dan data pribadi.

Bank sentral Brazil juga meminta Facebook Inc untuk menjadi layanan finansial jika ingin membuat sistem pembayaran di aplikasi. Facebook akhirnya membuat unit baru bernama Facebook Pagamentos do Brazil, yang tunduk pada aturan bank sentral.

Sistem pembayaran di WhatsApp belum mendukung untuk berbelanja, Idema mengatakan mereka masih berdiskusi dengan bank sentral terkait hal ini.

Selain Brazil, fitur pembayaran juga tersedia untuk pengguna WhatsApp di India. (Ant/OL-12)

Baca Juga

 AFP/Hazem Bader.

Orang Badui Israel Anggap Janji-Janji Pemerintah Baru itu Palsu

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 12:33 WIB
Sebagian besar dari hampir 300.000 orang Badui Israel tinggal di Negev yang gersang di selatan negara itu, di pinggiran masyarakat...
AFP/Jim Watson

AS Tengah Persiapkan Sanksi Baru untuk Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 10:01 WIB
"Kami mengumpulkan sekutu Eropa dalam upaya bersama untuk mengenakan biaya pada Rusia untuk penggunaan bahan kimia terhadap salah satu...
AFP/Handout / various sources

Hadiri Konferensi Keamanan, Pemimpin Junta Myanmar Tiba di Moskow

👤Nur Aivanni 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:14 WIB
Pemimpin Junta Min Aung Hlaing meninggalkan ibu kota Naypyidaw, Minggu (20/6), dengan penerbangan khusus untuk menghadiri Konferensi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya