Selasa 27 April 2021, 21:30 WIB

Human Rights Watch Cap Israel Lakukan Kejahatan Apartheid

Mediaindonesia.com | Internasional
Human Rights Watch Cap Israel Lakukan Kejahatan Apartheid

AFP/Ahmad Gharabli.
Pasukan keamanan Israel membubarkan pengunjuk rasa Palestina di luar Gerbang Damaskus di Kota Tua Yerusalem, Senin (26/4).

 

HUMAN Rights Watch mengatakan Selasa (27/4) bahwa Israel melakukan kejahatan apartheid dengan berusaha mempertahankan dominasi Yahudi atas Palestina dan penduduk Arabnya sendiri. Tuduhan ini dengan tegas ditolak Israel.

Saat ini sedang diselidiki oleh Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court) atas tuduhan kejahatan perang. Israel mengecam tuduhan HRW sebagai tidak masuk akal dan salah. Negeri Yahudi itu menuduh kelompok yang berbasis di New York tersebut memiliki agenda anti-Israel telah lama.

Perdana Menteri Otoritas Palestina Mohammad Shtayyeh menyambut baik laporan HRW yang luar biasa itu. Dia berharap laporan itu bisa membuat komunitas internasional memikul tanggung jawabnya dan meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatannya.

Laporan setebal 213 halaman menemukan bahwa pemerintah Israel merupakan otoritas tunggal dengan kendali utama atas wilayah antara Sungai Jordan dan Laut Mediterania.

 

Wilayah itu termasuk Tepi Barat yang diduduki, Jalur Gaza yang diblokade, Yerusalem timur yang dianeksasi, serta semua wilayah di dalam perbatasan Israel pada 1948.

 

"Di dalam wilayah itu, ada kebijakan pemerintah Israel yang menyeluruh untuk mempertahankan dominasi Yahudi Israel atas Palestina," kata HRW.

Kelompok hak asasi manusia menunjuk pada kebijakan Israel yang menargetkan warga Palestina mencakup pembatasan pergerakan, penyitaan tanah, pemindahan penduduk secara paksa, penolakan hak tinggal, dan penangguhan hak-hak sipil. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Saudi akan Buka Pembatasan bagi Pemegang Visa Turis Mulai 1 Agustus

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:18 WIB
"Wisatawan yang divaksinasi akan diizinkan masuk tanpa harus dikarantina secara institusional dengan memberikan tes PCR negatif...
AFP/Angela Weiss

Warga AS yang Bersedia Divaksin Covid-19 Dibayar 100 dolar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 30 Juli 2021, 10:15 WIB
PRESIDEN Joe Biden menguraikan sejumlah insentif untuk membuat warga AS yang enggan divaksinasi Covid-19, termasuk membayar mereka sebesar...
dok.medcom

Jepang Laporkan Lebih dari 10.000 Kasus Covid-19 dalam Sehari

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 30 Juli 2021, 08:15 WIB
JEPANG melaporkan lebih dari 10.000 kasus covid-19 dalam sehari, untuk pertama kalinya pada Kamis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya