Sabtu 27 Maret 2021, 13:03 WIB

Korea Utara Tuduh Biden Lakukan Provokasi Terkait Uji Coba Rudal

Nur Aivanni | Internasional
Korea Utara Tuduh Biden Lakukan Provokasi Terkait Uji Coba Rudal

STR / KCNA VIA KNS / AFP
Kantor berita Korea Utara, KCNA, merilis foto pada Juma (26/3) peluncuran rudal milik militer Korea Utara.

 

KOREA Utara mengancam bahwa pihaknya siap untuk terus meningkatkan kekuatan militernya pada Sabtu (27/3). Hal itu disampaikannya dalam menanggapi kecaman yang dilontarkan Presiden AS Joe Biden terkait peluncuran rudal oleh Korut pada pekan ini.

Korea Utara memiliki sejarah panjang dalam menggunakan uji senjata untuk meningkatkan ketegangan. Pada Kamis (25/3), negara tersebut meluncurkan dua senjata dari pantai timurnya ke Laut Jepang, yang dikenal sebagai Laut Timur di Korea.

Setelah peluncuran tersebut, Biden menyebut uji coba itu sebagai pelanggaran resolusi PBB dan memberi tahu Korut agar tidak meningkatkan pengujian militernya.

Ri Pyong Chol, seorang pejabat penting dalam program rudal Korea Utara yang mengawasi uji coba tersebut, mengatakan pernyataan Presiden AS telah mengungkapkan permusuhan yang mendalam terhadap rezim.

"Pernyataan seperti itu dari Presiden AS adalah pelanggaran nyata atas hak negara kami untuk pertahanan diri dan provokasi untuk itu," kata Ri dalam sebuah pernyataan yang disampaikan oleh media pemerintah KCNA.

Ri mengatakan Pyongyang mengungkapkan kekhawatirannya yang mendalam atas kepala eksekutif AS yang menyalahkan uji coba reguler tersebut sebagai pelanggaran terhadap resolusi PBB.

"Jika AS melanjutkan pernyataannya yang sembrono tanpa memikirkan konsekuensinya, AS mungkin akan menghadapi sesuatu yang tidak baik," tambahnya, yang memperingatkan bahwa Korea Utara siap untuk terus meningkatkan kekuatan militernya.

Pernyataan itu muncul pada saat Washington berada pada tahap akhir dalam meninjau kebijakan tentang Korea Utara, dengan sinyal garis tegas tentang denuklirisasi, sanksi, dan hak asasi manusia. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP

WHO: Omicron Timbulkan Risiko Global yang Sangat Tinggi

👤Mediaindonesia 🕔Senin 29 November 2021, 17:48 WIB
Omicron memiliki jumlah mutasi lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensialnya...
Antara/Fikri Yusuf

PBB: Pandemi Rugikan Sektor Pariwisata Global $2,0 Triliun pada 2021

👤Nur Aivanni  🕔Senin 29 November 2021, 17:20 WIB
Kedatangan turis internasional tahun ini akan tetap 70-75% di bawah 1,5 miliar kedatangan yang tercatat pada 2019 sebelum pandemi...
AFP/Organisasi Energi Atom Iran.

Perjalanan Berliku Perjanjian Nuklir Iran pada 2015

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 14:39 WIB
Dengan pembicaraan tentang pemulihan kesepakatan yang akan dimulai di Wina pada Senin (29/11), mari kita lihat kembali sejarahnya yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya