Kamis 11 Maret 2021, 14:29 WIB

Yahya Sinwar Terpilih kembali sebagai Kepala Hamas di Gaza

Mediaindonesia.com | Internasional
Yahya Sinwar Terpilih kembali sebagai Kepala Hamas di Gaza

AFP/Mahmud Hams.
Yahya Sinwar.

 

YAHYA Sinwar terpilih kembali pada Rabu (10/3) sebagai kepala sayap politik Hamas di Gaza. Ia memperpanjang masa jabatannya sebagai pemimpin de facto gerakan Islam di daerah kantong Palestina yang diblokade Israel.

Ketua Umum Hamas Ismail Haniyeh, yang saat ini berbasis di Qatar, memberi selamat kepada Sinwar. Menurutnya, pemilihan itu menandai kemenangan bagi kelompok Islam yang telah menguasai Gaza sejak 2007.

Sinwar, mantan komandan cabang militer Hamas, menjalani lebih dari dua dekade di penjara Israel sebelum dia dibebaskan pada 2011 sebagai bagian dari pertukaran tahanan.

Pertama kali terpilih untuk jabatan itu pada 2017, ia menghadapi empat penantang kali ini, termasuk Nizar Awadallah, mantan Ketua Dewan Syura sebagai penasihat Hamas.

Haniyeh menambahkan bahwa proses pemilihan internal gerakan yang mulus menunjukkan keseriusan Hamas menjelang pemilihan legislatif Palestina yang ditetapkan pada 22 Mei dan pemilihan presiden pada 31 Juli. Ini merupakan pemungutan suara Palestina pertama dalam 15 tahun terakhir.

"Komitmen gerakan untuk pemilihan (internal) setiap empat tahun menegaskan keyakinan mendalam kami pada prinsip kekuasaan bergilir," kata Haniyeh.

Hamas akan menjadi pemain kunci dalam pemungutan suara Palestina, bersama dengan gerakan Fatah yang dipimpin oleh Presiden Palestina Mahmud Abbas. Fatah mengontrol Tepi Barat yang diduduki Israel. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Utusan AS Desak Korea Utara Hentikan Uji Coba Rudal

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:38 WIB
Perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Sung Kim bertemu dengan mitra selatannya Noh Kyu-duk setelah pertemuan dengan mitra Jepang mereka di...
Paul ELLIS / AFP

Inggris Mencatat 44.985 Kasus Baru Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:57 WIB
Dengan begitu, jumlah total kasus virus korona di negara Inggris menjadi 8.734.934, menurut angka resmi yang dirilis pada Sabtu...
AFP/Handout / Colombian army

Gembong Narkoba Paling Diburu di Kolombia Ditangkap

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:30 WIB
Penangkapan Otoniel itu merupakan kemenangan besar bagi pemerintahan Presiden Ivan Duque, yang negaranya merupakan pengimpor kokain...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya