Senin 18 Januari 2021, 08:49 WIB

Brasil Setujui Vaksin Korona CoronaVac dan AstraZeneca-Oxford

Nur Aivanni | Internasional
Brasil Setujui Vaksin Korona CoronaVac dan AstraZeneca-Oxford

AFP
Tangan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menunjukkan vaksin buatan Sinovac. Brasil menyetujui pemakaian vaksin Sinovac dan AstraZeneca/Oxford.

 

REGULATOR Kesehatan Brasil Anvisa, pada Minggu, memberikan persetujuan darurat untuk dua vaksin virus korona. Monica Calazans, 54, seorang perawat di Sao Paulo menjadi orang pertama di Brasil yang menerima vaksin Tiongkok CoronaVac. Anvisa juga menyetujui vaksin AstraZeneca dan Universitas Oxford untuk digunakan di negara yang jumlah kematian akibat covid-19 sekarang melebihi 209.000.

Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello mengumumkan pemerintah akan mulai mendistribusikan vaksin ke 27 negara bagian pada Senin untuk kampanye inokulasi nasional yang akan dimulai pada Rabu (20/1). Sementara banyak negara telah memulai program vaksinasi, termasuk beberapa di antara tetangganya, Brasil dengan populasi sekitar 213 juta telah tertinggal.

CoronaVac diproduksi oleh perusahaan asal Tiongkok, Sinovac, dengan Butantan Institute di Sao Paulo. Vaksin tersebut telah disetujui untuk penggunaan darurat di Tiongkok, Indonesia dan Turki. Sementara vaksin AstraZeneca diproduksi oleh Serum Institute di India. Vaksin tersebut telah disetujui di Inggris, Argentina, dan India, dan sedang ditinjau oleh Uni Eropa.

baca juga: CDC AS: Varian Baru Covid-19 Berpotensi Dominan di AS

Sao Paulo sudah memiliki enam juta dosis vaksin CoronaVac. Bulan ini, kementerian kesehatan mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan Butantan untuk memproduksi 100 juta lebih. Awal bulan ini, Brasil mengatakan vaksin Tiongkok telah terbukti 50 persen efektif dalam mencegah infeksi virus.

Sedangkan untuk vaksin Oxford, hasil yang dipublikasikan pada Desember menemukan bahwa vaksin tersebut efektif antara 62 persen dan 90 persen, tergantung pada dosisnya. (AFP/OL-3)
 

Baca Juga

AFP/SPA/Ahmed Nureldine.

Huthi kembali Serang Saudi, Lima Warga Sipil Terluka

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 20:37 WIB
Pemberontak yang didukung Iran telah meningkatkan serangan terhadap kerajaan itu dalam beberapa pekan...
STR / AFP

Indonesia Ajak ASEAN Prioritaskan Keselamatan Rakyat Myanmar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 02 Maret 2021, 20:25 WIB
Retno juga mengajak ASEAN untuk turut berperan dalam membantu keperluan...
Medcom.id.

RSF Tuntut Pangeran Mahkota Saudi di Pengadilan Jerman

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Maret 2021, 20:16 WIB
Laporannya merinci kasus 34 jurnalis lain yang telah dipenjara di Arab Saudi, termasuk blogger Raif Badawi, yang dipenjara di negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya