Jumat 25 Desember 2020, 21:00 WIB

Rudal Israel Tewaskan Enam Pejuang Didukung Iran di Suriah

Mediaindonesia.com | Internasional
Rudal Israel Tewaskan Enam Pejuang Didukung Iran di Suriah

AFP/Jalaa Marey
Tank tempur Merkava Israel memegang posisi di dekat Moshav Kidmat Tzvi di Dataran Tinggi Golan yang dianeksasi Israel, Jumat (25/12).

 

SERANGAN rudal Israel di Suriah menewaskan sedikitnya enam pejuang yang didukung Iran pada Jumat (25/12). Korban tewas ialah paramiliter asing yang bertempur bersama pasukan Presiden Bashar al-Assad

Itu disampaikan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. "Rudal, yang ditembakkan dari wilayah udara Libanon, mengenai posisi yang dipegang oleh milisi yang didukung Iran di distrik Masyaf provinsi Hama," kata kepala Observatorium Rami Abdul Rahman.

Salah satu rudal juga menargetkan pusat penelitian yang dikelola pemerintah. Di sini, imbuh pengawas yang berbasis di Inggris itu, rudal permukaan ke permukaan dikembangkan dan disimpan.

Pakar Iran diyakini bekerja di pusat penelitian tersebut. Militer Israel mengatakan tidak akan mengomentari laporan di media asing.

Pusat penelitian di Masyaf telah beberapa kali terkena serangan Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Amerika Serikat, gas sarin sedang dikembangkan di pusat penelitian itu. Klaim tersebut dibantah oleh otoritas Suriah yang mengatakan negara itu tidak memiliki senjata kimia sejak melucuti persenjataannya berdasarkan perjanjian 2013.

Kantor berita negara Suriah SANA mengatakan pertahanan udara mencegat rudal yang ditembakkan oleh Israel ke Masyaf. "Pertahanan udara kami mencegat serangan Israel di daerah Masyaf," lapor SANA.

Dikatakan pertahanan udara Suriah menghantam banyak rudal sebelum mencapai target mereka. Televisi pemerintah menayangkan rekaman yang dimaksudkan untuk menunjukkan pertahanan udara menanggapi serangan Israel.

Aktivitas Israel di langit terdengar di beberapa bagian tetangga Libanon. Akibatnya, banyak warga menulis di media sosial untuk mengecam serangan pada perayaan Hari Natal itu.

Israel telah melancarkan ratusan serangan di Suriah sejak perang saudara pada 2011. Ia menargetkan pasukan pemerintah, pasukan sekutu Iran, dan pejuang dari kelompok militan Libanon Hizbullah.

Israel jarang mengonfirmasi rincian operasinya di Suriah. Tapi disebutkan bahwa kehadiran Iran untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad menjadi ancaman yang akan terus ditanggapi negara Yahudi itu. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Carl-Olof ZIMMERMAN / TT News Agency / AFP

Di Negara ini, Warga yang Sudah Divaksin Dapat Kelonggaran

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 01:50 WIB
Sekitar 2,2 juta dari 10,4 juta populasi Swedia telah menerima setidaknya satu dosis...
Metro Tv/Laela Zahra

Korsel Perkuat Diplomasi di ASEAN lewat The New Southern Policy

👤Laela Zahra 🕔Jumat 16 April 2021, 21:34 WIB
Melalui kebijakan The New Southern Policy, Korea ingin memvariasikan hubungan dengan negara-negara...
AFP/Fayez Nureldine.

Kota Mawar di Saudi Bermekaran dan Mewangi saat Ramadan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 21:18 WIB
Pada April, bunga-bunga itu dipanen untuk minyak esensial yang digunakan untuk membersihkan dinding luar dari Kakbah yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya