Kamis 06 Agustus 2020, 17:23 WIB

Macron, Pemimpin Dunia Pertama yang Kunjungi Ledakan Beirut

Faustinus Nua | Internasional
Macron, Pemimpin Dunia Pertama yang Kunjungi Ledakan Beirut

AFP/Franck Fife
Presiden Prancis Emmanuel Macron saat menghadiri laga final Piala Prancis.

 

PRESIDEN Prancis, Emmanuel Macron, terbang ke Beirut, Libanon, pada Kamis (6/8) waktu setempat. Dia menjadi pemimpin dunia pertama yang mengunjungi Beirut pascaledakan dahsyat yang menyebabkan kehancuran.

"Saya akan pergi ke Beirut besok untuk menyampaikan pesan persaudaraan dan solidaritas dari Prancis kepada masyarakat Libanon," bunyi cuitan Macron dalam akun Twitter.

Baca juga: Libanon Nyatakan Keadaan Bencana

Macron akan disambut Presiden Libanon, Michel Aoun. Dia dijadwalkan langsung mengunjungi lokasi kejadian. Sekaligus bertemu dengan tim penyelamat Libanon dan Prancis yang masih melakukan evakuasi.

Pemimpin muda itu juga akan dijamu di Istana Kepresidenan dan bertemu dengan sejumlah tokoh politik, termasuk Perdana Menteri Hassan Diab. Selain itu, dia dijadwalkan bertemu anggota berbagai fraksi politik dan masyarakat sipil, sebelum memberikan konferensi pers pada sore hari.

Kedua pihak berharap kunjungan itu berjalan lancar. Libanon merupakan bekas koloni Prancis, namun tetap menjalin hubungan bilateral dengan baik.

Baca juga: Amonium Nitrat, Sumber Ledakan di Berbagai Negara

Sedikitnya 21 warga Prancis terluka akibat ledakan yang bersumber dari gudang penyimpanan amonium nitrat. Kejaksaan Prancis telah membuka penyelidikan atas peristiwa tragis tersebut. Mereka menggunakan yurisdiksi untuk menyelidiki kasus di luar negeri.

Dukungan kemanusiaan dari komunitas internasional terus mengalir untuk Libanon. Negara-negara teluk pun telah mengirim bantuan kebutuhan pokok dan tim penyelamat.(France24/OL-11)

 

Baca Juga

AFP/Fayez Nureldine.

PBB Desak Saudi Segera Bebaskan Tahanan Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:56 WIB
Kelompok itu menekankan bahwa pemerintah Saudi gagal membangun dasar hukum untuk penangkapan dan penahanan Mohammed Al Khoudary dan Hani Al...
AFP/Karim Jaafar.

Qatar Harap Sedot 1,2 Juta Wisatawan Piala Dunia 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:29 WIB
Qatar, dengan populasi sekitar 2,75 juta, akan menjadi negara tuan rumah Piala Dunia Timur Tengah pertama antara 21 November dan 18...
AFP/HOANG DINH Nam

Vietnam Siap Buka Kembali Pulau Phu Quoc Bagi Para Pelancong Asing

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 16:28 WIB
Pulau Phu Quoc, yang terletak sekitar 10 km dari Kamboja di Teluk Thailand, memiliki pantai pasir putih dan air jernih, serta pegunungan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya