Selasa 28 Maret 2023, 22:11 WIB

Masalah Ruam Popok pada Bayi Bisa Membuat Ibu Kelelahan dan Kurang Tidur

mediaindonesia.com | Humaniora
Masalah Ruam Popok pada Bayi Bisa Membuat Ibu Kelelahan dan Kurang Tidur

Ist
Masalah ruam popok ini tidak hanya mempengaruhi si kecil, tetapi turut mempengaruhi Ibu. 

 

MENJELANG bulan suci Ramadan, perusahaan popok Makuku gelar kampanye THR atau “Tenang Hadapi Ruam Popok”.

Kampanye ini diadakan guna mendukung para ibu dalam menjalankan ibadah puasa supaya tetap fokus beribadah sambil menjalankan peran sebagai orang tua.

Selain itu, melalui kampanye ini Makuku juga ingin terus mengedukasi orang tua terhadap masalah ruam popok dan memperkenalkan keunggulan dari Makuku Popok Super Tipis Super Nyerap.

Baca juga: Pemilihan Popok Bisa Hindari Bayi Anda dari Ruam Kulit

Kampanye ini akan diadakan mulai tanggal 23 Maret - 12 April 2023 di platform sosial media seperti instagram serta “Makuku Community” event bersama Beeme yang akan diadakan pada 8 April 2023.

Masalah Ruam Popok Membuat Ibu Kelelahan

Masalah ruam popok merupakan hal yang tidak jarang dialami oleh si kecil. Faktanya, pada tahun 2013 terdapat sebanyak 30 kasus ruam popok dari 1.223 kasus baru, sedangkan pada tahun 2014 terdapat 17 kasus ruam popok dari 965 kasus baru di Indonesia.

Baca juga: Pemilihan Popok Bisa Hindari Bayi Anda dari Ruam Kulit

Masalah ruam popok ini tidak hanya mempengaruhi si kecil, tetapi turut mempengaruhi Ibu.  Gangguan tidur dan kelelahan yang terjadi pada Ibu setelah memiliki anak merupakan sumber masalah fisik dan psikologis yang dapat meningkatkan risiko stres.

Beranjak dari masalah ini, Makuku mengajak orang tua di Indonesia untuk saling mendukung dengan membagikan kebahagiaan mereka saat menjalani ibadah puasa  bersama si kecil.

Selain itu, para Ibu juga dapat memberikan pengalaman serta solusi bagi Ibulain terkait masalah ruam popok pada si kecil melalui akun sosial media.

Tips Cegah Ruam Popok pada Bayi

Dokter spesialis anak dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, menyampaikan, “Salah satu hal penting yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya ruam popok pada bayi yang menggunakan popok sekali pakai adalah dengan perawatan yang maksimal pada area tertutup popok."

Baca juga: Cegah Ruam Kulit Bayi, Pakai Popok Berdaya Serap Tinggi  

"Adapun perawatan yang dapat dilakukan seperti rutin mengganti popok sehingga kulit tidak terkontaminasi terlalu lama dengan urine, menjaga kulit bayi tetap kering, menggunakan produk perawatan khusus bagi kulit bayi," jelasnya.

"Selain itu, melonggarkan area yang tertutup popok sehingga sirkulasi udara di dalam popok tetap baik dan terhindar dari iritasi, khususnya pada area kulit bokong,” terang dr.Andreas.

Lucky Zheng, Branding Director Makuku, menambahkan “Banyak Ibu yang memiliki peran ganda di bulan Ramadan.Tidak hanya merawat si kecil, namun juga suami, keluarga dan beberapa diantaranya masih bekerja."

Kampanye THR Bersama Makuku

"Untuk itu melalui kampanye #THRBersamaMakuku, Makuku mendukung orang tua untuk fokus menjalankan ibadah di bulan ramadhan tanpa khawatir anak rewel karena masalah ruam popok," kata Zheng.

"Makuku juga berkomitmen merangkul lebih banyak lagi orang tua sehingga semakin banyak yang merasakan manfaat teknologi SAP yang efektif mengurangi risiko terjadinya ruam popok," jelasnya.

"Makuku berharap kampanye #THRBersamaMakuku juga dapat memperkuat pesan Makuku sebagai ruam popok expert andalan para Ibu di Indonesia," jelasnya.

"Selain program giveaway, Makuku juga menghadirkan video edukasi spesial ramadhan yang berkolaborasi dengan expert. Video edukasi ini bisa disaksikan langsung melalui kanal Youtube Makuku Indonesia Official,” tutur Zheng. (RO/S-4)

 

Baca Juga

Modul Belajar Kemdikbud

Mengenal Tabel Periodik Unsur Kimia dan Cara Membacanya

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 02 Juni 2023, 12:07 WIB
Tabel periodik adalah tabel yang berisi urutan unsur sesuai dengan golongan dan...
MI/M IRFAN

YLKI: Kasus GGAPA Diambil Alih dan Diinvestigasi oleh Pemerintah

👤Naufal Zuhdi 🕔Jumat 02 Juni 2023, 12:00 WIB
Mitigasi resiko perlu ditingkatkan oleh pemerintah karena permasalahan gagal ginjal akut harus ada...
MCH 2023

Jemaah Haji Salat Jumat Pertama di Mekkah

👤Windy Dyah Indriantari 🕔Jumat 02 Juni 2023, 10:35 WIB
Jemaah haji Indonesia akan menjalani salat Jumat perdana mereka siang ini di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya