Senin 16 Januari 2023, 23:30 WIB

Publik Diajak Tetap Kawal RUU Sisdiknas

Faustinus Nua | Humaniora
Publik Diajak Tetap Kawal RUU Sisdiknas

Antara
Aksi menolak RUU Sisdiknas.

 

PENGAMAT pendidikan Doni Koesoema mengatakan bahwa polemik Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) masih berlangsung. Meski telah ditolak masuk Prolegnas 2022, dia mengajak publik untuk tetap mengawal proses pembahasan RUU tersebut.

"Ini adalah proses perubahan besar di negara kita, terutama dalam kebijakan pendidikan," ujarnya di kanal YouTube Pendidikan Karakter, Senin (16/1).

Dia menilai pentingnya RUU tersebut harus tetap dikawal lantaran akan menggabungkan 3 UU, yakni UU Sisdiknas, UU Pendidikan Tinggi, serta UU Guru dan Dosen. Sehingga dampak dari RUU ini pun akan sengat besar bagi masa depan pendidikan nasional. "Inilah yang harus dikawal bersama-sama oleh masyarakat," tambahnya.

Sejak awal, kata Doni, RUU Sisdiknas memang menuai polemik. Mulai dari pelibatan publik, tranparansi hingga pasal-pasal bermasalah menyebabkan banyak pihak menolak RUU yang dirancang Kemendikbud-Ristek itu.

Bahkan dia menyebut RUU Sisdiknas dirancang secara diam-diam. Pembahasannya dilakukan lewat diskusi-diskusi terbatas. Sehingga, dirinya khawatir proses revisi yang dilakukan Kemendibud-Ristek masih dengan pola yang sama.

"Tidak ada partisipasi publik yang bisa meramaikan gaung tentang pendidikan nasional. Ini apa yang mau dibahas?" kata dia.

Dia juga mendorong Kemendikbud-Ristek untuk lebih terbuka dalam membahas RUU Sisdiknas. Tidak masuknya RUU tersebut ke dalam Prolegnaa menjadi bukti banyaknya kekurangan yang harus diperbaiki, secara khusus terkait pelibatan publik dan pasal-pasal bermasalah di dalamnya.(H-2)

 

Baca Juga

Ist/Instagram

Hidrasi Maksimal, Kulit pun Sehat dan Kenyal

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:31 WIB
Meskipun tingkat kelembapan udara cukup tinggi, secara umum kulit penduduk Indonesia cenderung kering karena sering terpapar AC pada...
MI/RAMDANI

Festival Kopi Nusantara Resmi Ditutup

👤Ihfa Firdausya 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:21 WIB
Setelah dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Festival Kopi Nusantara ditutup oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi...
ANTARA/ Rosa Panggabean

Pecinta Lingkungan Bentengi Kepulauan Seribu

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:18 WIB
SEJUMLAH pecinta lingkungan membentengi daratan Kepulauan Seribu dengan menanam mangrove di Tanjung Rengge, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya