Rabu 11 Januari 2023, 21:28 WIB

Mou Dengan James Cook Uniiversity, STP Trisakti Gencarkan Promosi Pariwisata dan Budaya Indonesia

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Mou Dengan James Cook Uniiversity, STP Trisakti Gencarkan Promosi Pariwisata dan Budaya Indonesia

Dok. STP Trisakti
Kunjungan mahasiswa James Cook University ke STP Trisakti

 

KUNJUNGAN mahasiswa James Cook University, Australia ke kampus Sekolah Tinggi Pariwasata ( STP ) Trisakti menjadi momentum strategis mengenalkan dan mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia.

"Pastinya kegiatan ini bagi STP Trisakti menjadi media untuk lebih memperkenalkan dan mempromosikan pendidikan kepariwisataan dan budaya Indonesia.Sekaligus mendukung pemerintah kita mempromosikannnya kepada kalangan perguruan tinggi asing," kata Wakil Ketua II STP Trisakti Nurbaiti di sela sela menyambut perwakilan mahasiswa James Cook University di kampus STP Trisakti, Jakarta, Selasa (10/1).

Kegiatan bertajuk New Colombo Plan Culturat Tourism in Indonesia itu merupakan implementasi penandatanganan kerjasama atau MoU kedua kampus tersebut pada 2022 lalu.

Nurbaiti menjelaskan, melalui program ini sekaligus memperkenalkan lebih luas keberadaan STP Trisakti di dunia internasional.

Dikatakan kegiatan batch pertama.ini diikuti 6 mahasiswa James Cook hingga 21 Januari mendatang. Diharapkan dapat menambah experience atau pengalaman selama mereka berada di STP Trisakti dengan program yang telah disusun Kepala Program Studi S1 Pariwisata STP Trisakti,Amrullah.

"Semoga nanti akan ada batch berikutnya sekitar 30 mahasiswa dari James Cook, " tukasnya.

Amrullah menambahkan, secara umum pembelajaran bagi mahasiswa James Cook yang akan didapatkan selama program berjalan tidak hanya teori juga praktek pariwisata di tanah air yang berkembang pesat. Di antara nya perkembangan hotel dan budaya kuliner di Jakarta dan daerah lainnya.

Baca juga : 

"Mereka akan melihat kita bergeliat mengembangkan pariwisata seperti di kota-kota Eropa dan Asia, " ujar Amrullah.

Dikatakan STP Trisakti dipilih pihak James Cook karena reputasi nasional dan internasional yang dimiliki.

"Mereka itu pilihannya negara-negara Indo Pacifik dan memilih Indonesia, khususnya STP Trisakti. Suatu kebanggaan kami, mereka memilih Indonesia dan kampus kami, " tukas Amrullah.

Dalam kesempatan sama, dosen PascaSarjana STP Trisakti.yang juga Associate Professor di James Cook University Hera Oktadiana mengutarakan program New Colombo Plan mendapat dukungan pendanaan dari pemerintah Australia melalui Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan.

Menurut Hera para mahasiswa James Cook diharapkan dapat mempelajari budaya dan pariwisata Indonesia serta belajar bahasa Indonesia.

"Mereka yang hadir beragam program studinya ada pariwisata,kesehatan dan lain sebagainya.Mereka ini ingin menggali, mendapatkan pengalaman dan menambah wawasan, seperti apa sih budaya di Indonesia, pariwisata Indonesia. Apalagi Indonesia negara terdekat dengan Australia, " ungkap Hera.

Ia melanjutkan melalui program ini, mahasiswa dapat menambah pengalaman diantaranya mengunjungi desa wisata binaan STP Trisakti di Cibuntu, Jawa Barat. Mengunjungi hotel,Kota Tua , pasar tradisional di Jakarta, dan lain lain. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Accor

City Of ALL Accor Surabaya dan Jakarta Suguhkan Pameran Spektakuler

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:53 WIB
Pameran yang sepenuhnya terintegrasi dan sangat interaktif itu akan menyingkap dunia penuh manfaat yang ditawarkan oleh ALL (Accor Live...
Dok MI

Larangan Bagi Wanita yang Sedang Haid Sesuai Hukum Islam

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:37 WIB
Dalam Islam, setiap wanita yang mengalami haid akan mendapatkan larangan beberapa...
MI

Kasus Gagal Ginjal Anak di Surakarta bukan Termasuk GGAPA

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:30 WIB
"Tidak memenuhi kriteria gagal ginjal akut karena setelah ditangani dengan tata laksana yang biasa kondisinya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya