Selasa 03 Januari 2023, 15:44 WIB

Eks Siklon Tropis Ellie Bisa Sebabkan Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Atalya Puspa | Humaniora
Eks Siklon Tropis Ellie Bisa Sebabkan Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi

Antara
Awan gelap menyelimuti langit di Kota Ternate, Maluku Utara.

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau eks Siklon Tropis Ellie di daratan Australia bagian barat. Siklon tersebut memiliki kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan terendah 997 mb.

"Potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah. Siklon itu memberikan dampak tidak langsung dalam 24 jam terhadap kondisi cuaca di Indonesia," jelas Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab saat dihubungi, Selasa (3/1).

Baca juga: MTI: Informasi Cuaca Jangan Menakuti Masyarakat

Adapun dampak yang ditimbulkan, termasuk hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Lalu, angin Kencang di Laut Jawa, Samudera Hindia Selatan Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Laut Sumbawa, Laut Flores dan Laut Arafuru. Siklon itu juga berpotensi menyebabkan tinggi gelombang 1,25-2,5 meter di Laut Jawa bagian Barat, Laut Bali, Selat Lombok bagian Utara dan Laut Banda bagian Utara.

Berikut, tinggi gelombang 2,5-4,0 Meter di Perairan Selatan Banten hingga Jawa Tengah, Perairan Utara Jawa Tengah hingga Kep.Kangean, Laut Jawa bagian Tengah hingga Timur, Perairan Utara Bali hingga Flores.

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat hingga Akhir Februari

Kemudian, Laut Sumbawa, Laut Flores, Selat Bali-Lombok-Alas-Sape Bagian Selatan, Selat Sumba, Selat Ombai, Selat Wetar, Laut Sawu, Perairan Selatan Flores dan Selat Makassar Bagian Selatan. Serta, Perairan Kepulauan Selayar–Sabalana, Laut Banda bagian Selatan, Perairan Kep. Sermata–Tanimbar dan Laut Arafuru

Di samping itu, tinggi gelombang 4,0-6,0 meter di Perairan Selatan Jawa Timur, Perairan Selatan Pulau Sumba, Perairan Pulau Sabu, Perairan Kupang-Pulau Rote, Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah hingga NTT dan Laut Timor.(OL-11)
 

Baca Juga

Ist

Cara Atasi Penuaan Kulit: Tujuh Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:29 WIB
Penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal  seperti polusi atau sinar UV dan kebiasaan gaya hidup seperti merokok atau makan...
Antara

PGI Minta Presiden Perhatikan Kasus Larangan Beribadah

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:24 WIB
PGI mencatat setidaknya ada lima peristiwa diskriminasi dan intoleransi sejak 17 Januari 2023. Larangan itu dengan alasan rumah ibadah...
DOK/TACO

TACO Dukung Pameran Seni Rupa Art Jakarta Gardens

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:05 WIB
Pagelaran Art Jakarta Gardens kali ini menjadi awal bagi TACO untuk mendukung industri kreatif Indonesia pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya