Senin 02 Januari 2023, 12:15 WIB

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat hingga Akhir Februari

Naufal Zuhdi | Humaniora
BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat hingga Akhir Februari

dok.ant
Langit mendung di atas Jakarta.

 

BEBERAPA wilayah di Indonesia diprakirakan akan mengalami cuaca hujan dengan intensitas lebat. Kondisi tersebut akan berlangsung hingga akhir Februari mendatang.

"Hujan dengan intensitas lebat masih berpotensi terjadi hingga akhir puncak musim hujan pada akhir februari, masyarakat perlu terus mewaspadai dampaknya, yaitu potensi terjadinya bencana hidrometeorologi," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fachri Radjab, saat dihubungi mediaindonesia.com, pada Senin (2/1).

Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan, bahkan puncak hujan di sebagian wilayah Indonesia jatuh pada Januari-Februari, sehingga potensi cuaca ekstrem dengan hujan intensitas lebat hingga sangat lebat bahkan potensi ekstrem masih harus diwaspadai hingga Februari dan awal Maret mendatang.

Di kesempatan yang sama, Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin mengatakan untuk saat ini potensi hujan ringan-sedang masih cukup mendominasi wilayah Sumatera bagian selatan, Jawa hingga Nusa Tenggara, sebagian Kalimantan, Sulawesi, Maluku, maluku utara, Papua, dan Papua Barat.

"Potensi hingga intensitas lebat masih harus diwaspadai di wilayah tersebut dalam sepekan kedepan," pesan Miming.

BMKG menghimbau, mengingat saat ini Indonesia akan memasuki periode puncak musim hujan, maka kewaspadaan untuk potensi cuaca ekstrem juga harus ditingkatkan.

"Kondisi tersebut tentunya bisa berdampak pada timbulnya potensi bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, bandang, longsor. Kewaspadaan potensi tersebut harus dilakukan secara bersama antara warga masyarakat secara umum dan pihak-pihak stakeholder yang memiliki kewenangan dalam hal pencegahan risiko bencana. (OL-13)

Baca Juga: Sebagian Kota Besar di Indonesia Berpeluang Cerah Berawan

Baca Juga

Ist

Jadikan Imlek Momentum Perayaan dan Suka Cita Kebangsaan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:42 WIB
Perhelatan yang biasa dilakukan oleh etnis Tionghoa ini merupakan suatu kegiatan atau budaya rutin yang biasa dilakukan untuk menyambut...
Ist

IBI Siap Menjadi Wadah Entrepreneur Bagi Generasi Masa Depan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:09 WIB
Dalam membantu memberikan pengarahan prospek karier bagi para mahasiswanya, IBI Kwik Kian Gie juga menyediakan berbagai program seperti...
Dok MI

KemenPPPA Sebut Perkawinan Anak di Indonesia Sudah Mengkhawatirkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:41 WIB
Lebih banyak disebabkan oleh faktor pemohon perempuan sudah hamil terlebih dahulu dan faktor dorongan dari orangtua yang menginginkan anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya