Sabtu 19 November 2022, 17:42 WIB

Harapan Komnas Perempuan, Implementasi UU TPKS Lebih Maksimal

Faustinus Nua | Humaniora
Harapan Komnas Perempuan, Implementasi UU TPKS Lebih Maksimal

MI/Susanto
Masyarakat memegang flyer untuk mensosialisasikan UU TPKS.

 

KOMNAS Perempuan tengah menyiapkan Catatan Akhir Tahun terkait tren kekerasan seksual di Tanah Air. Lewat catatan tersebut, mereka bisa mengevaluasi pelaksanaan UU TPKS yang memang belum maksimal.

"Tahun depan, kami mengharapkan infrastruktur pelaksanaan UU TPKS telah terbentuk, yaitu dibahas dan disahkannya peraturan pelaksana. Lalu, ketersediaan lembaga layanan dan dukungan masyarakat untuk mendukung korban," ujar Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi, Sabtu (19/11).

Baca juga: Minimnya Pengetahuan Hambat Pelaporan Kekerasan Seksual

Dengan adanya peraturan pelaksana UU TPKS hingga lembaga layanan, penanganan dan perlindungan terhadap korban kekerasan seksual bisa dilakukan lebih optimal. Sebab, banyak hak korban yang memang harus dipenuhi negara.

"Tentunya kami berharap hak-hak korban kekerasan seksual baik untuk penanganan, perlindungan maupun pemulihan, dapat dipenuhi oleh negara," imbuh Siti.

Sejauh ini, pihaknya belum bisa menyampaikan tren kekerasan seksual selama setahun ini. Komnas Perempuan masih menyusun dalam catatan khusus.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Aksi Bom Bunuh Diri bukan Bagian dari Amalan Jihad

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:34 WIB
Musuh yang dianggap dalam Islam adalah mereka yang memerangi Islam. Sementara tidak ada bukti satu pun yang bisa ditunjukkan bahwa...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kemenkes Temukan Subvarian Anyar BN.1

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:30 WIB
Saat ini pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksin ketiga, dan untuk lansia bisa melengkapi dosis hingga...
DOK Humas Pemkot Tangsel

Wali Kota Tangsel Ajak Warga Kunjungi Pameran Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:19 WIB
PAMERAN dan Tabarruk Artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat RA, resmi dibuka Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya