Selasa 15 November 2022, 16:50 WIB

Menghentikan Diare Tanpa Obat, Cara Alami

Meilani Teniwut | Humaniora
Menghentikan Diare Tanpa Obat, Cara Alami

Wavebreakmedia Ltd.
Minum air putih.

 

PENYAKIT diare masih menjadi masalah kesehatan besar di negara berkembang, termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan oleh angka morbiditas (perbandingan antara kelompok masyarakat yang sakit dan yang sehat dalam sebuah populasi) dan mortalitas cukup tinggi.

Diare merupakan kondisi feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya. Diare biasanya muncul dengan gejala tunggal atau dikaitkan dengan gejala lain, seperti mual, muntah, sakit perut, atau penurunan berat badan.

Umumnya, diare disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi mikroorganisme. Diare biasanya lebih sering terjadi tak berlangsung lama, tidak lebih dari 2- 3 hari. Ketika diare berlangsung lebih dari beberapa hari hingga berminggu-minggu, biasanya menunjukkan bahwa ada masalah serius lain. Misalnya, sindrom iritasi usus (IBS), infeksi persisten, penyakit celiac, atau mungkin penyakit radang usus.

Diare yang umum terjadi bisa ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas. Namun, pada kasus khusus, diare bisa berlangsung berminggu-minggu dan harus mendapat terapi khusus oleh dokter yang menangani.

Lantas, apa sebenarnya penyebab dari penyakit diare? Bagaimana cara menghentikannya tanpa obat? Nah, untuk menjawab pertanyaan kalian berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab diare 

Penyakit diare umumnya terjadi ketika cairan dari makanan tidak dapat diserap usus dengan baik atau ada terlalu banyak cairan yang disekresikan ke usus. Normalnya, usus besar akan menyerap cairan dari makanan yang kita konsumsi dan meninggalkan kotoran (feses) setengah padat.

Jika cairan dari makanan tersebut tidak diserap baik, feses akan menjadi encer atau bahkan cair. Kondisi ini dipengaruhi banyak faktor sehingga penyakit diare dapat berlangsung singkat atau lama.

Diare berlangsung singkat

Biasanya diare jenis ini merupakan gejala dari infeksi usus. Berikut penyebabnya.

1. Virus, seperti rotavirus.
2. Bakteri, seperti campylobacter.
3. Parasit, seperti giardia intestinalis.
4. Penyebab diare lainnya termasuk faktor psikologis (merasa cemas), mengonsumsi minuman keras, alergi makanan, usus buntu, atau efek samping obat-obatan.

Bisa disimpulkan untuk pencegahan diare, Anda dapat menjaga kebersihan makanan.

Diare jangka panjang

Berikut penyebab diare jangka panjang.

1. Sindrom usus besar.
2. Penyakit coeliac yang menyebabkan tubuh menolak protein gluten.
3. Penyakit Crohn, radang pada lapisan sistem pencernaan.
4. Radang pankreas kronis.
5. Kanker usus.
6. Efek samping pengangkatan bagian perut (gastrektomi).

Cara menghentikan diare tanpa obat

Diare sebenarnya bisa diobati dengan mudah menggunakan obat, baik obat resep atau obat yang dijual bebas. Namun sayangnya, obat diare ini terkadang bisa menyebabkan konstipasi. 

Oleh karena itu, cobalah cara menghentikan diare tanpa obat seperti berikut ini.

1. Minum banyak air.

Cara menghentikan diare tanpa obat yang pertama yaitu banyak minum air putih. Pasalnya, saat diare anda menjadi lebih mudah mengalami dehidrasi. Kondisi inilah yang sering menyebabkan banyak pengidap diare dirawat di rumah sakit.

Diare akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara normal. Jadi, penting sekali untuk mencegah atau mengatasi dehidrasi saat diare dengan benar.

Cara yang paling mudah ialah minum banyak air putih, makan sup bening, atau minuman olahraga yang kaya akan elektrolit. Dengan begini, anda bisa segera mengganti cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare.

Tak hanya itu, ada juga beberapa minuman yang perlu kamu hindari saat mengalami diare. Contohnya kopi, minuman berkafein, minuman manis, soda dan alkohol.

Mereka ternyata memiliki efek pencahar. Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, perlu menghindari susu dan produk olahannya selama diare.

2. Konsumsi probiotik.

Cara menghentikan diare tanpa obat selanjutnya ialah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik. Ini karena mikroorganisme di dalamnya bisa membantu memulihkan keseimbangan yang sehat pada saluran usus dengan meningkatkan tingkat bakteri baik.

Meski begitu, masih belum jelas mereka dapat membantu mempersingkat serangan diare atau tidak. Probiotik tersedia dalam bentuk kapsul atau cair dan ditambahkan ke beberapa makanan, seperti yoghurt merek tertentu.

Selain itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami jenis bakteri yang paling membantu atau dosis yang dibutuhkan. Nah, sumber probiotik alami yang bisa Anda konsumsi selama diare ialah makanan fermentasi seperti sup miso, kombucha, keju cottage, dan roti sourdough.

3. Makan makanan yang hambar.

Saat mengalami diare, penting untuk memerhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi supaya masalah pencernaan tersebut tidak semakin parah. Pola makan BRAT ialah salah satu pola makan yang dianjurkan sebagai cara untuk menghentikan diare tanpa obat yang ampuh.

Pola makan ini terdiri dari empat makanan hambar dan rendah serat, yakni pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast). Pisang pun tercatat sebagai makanan yang sangat dianjurkan saat diare menyerang, karena mereka bisa mengembalikan kadar kalium yang hilang dari tubuh saat diare. Saat gejala diare mulai membaik, Anda pun bisa menambahkan makanan lunak dan mudah dicerna lain, seperti dada ayam panggang tanpa kulit, havermut, kentang panggang, dan sup ayam. 

Ingat, jangan mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan pembentukan gas, ya. Ini karena mereka bisa semakin memperparah diare. Misalnya kacang polong atau sayuran seperti brokoli dan kembang kol. Selain itu, diare bisa bertambah parah bila kamu mengonsumsi makanan tinggi serat dan makanan berminyak.

4. Gunakan bahan alami.

Bahan-bahan alami juga bisa menjadi cara menghentikan diare tanpa obat. Bisa dicoba untuk minum segelas air hangat yang sudah ditambahkan sejumput kunyit. Ini karena kunyit memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi.

Namun, pastikan agar Anda tidak terlalu banyak menggunakan bahan alami tersebut. Pasalnya, kunyit bisa bereaksi dengan banyak obat resep dan memperburuk gejala. Selain kunyit, ada juga bahan lain seperti kayu manis juga merupakan antidiare yang efektif.

5. Minum teh chamomile.

Mengonsumsi teh chamomile saat diare juga bisa menjadi cara penyembuhan alami. Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Medicine Reports, mengonsumsi teh chamomile yang dicampur dengan bahan alami lain terbukti bisa mengatasi diare dan masalah pencernaan lain. (OL-14)

Baca Juga

Warnerbros

Arti Villain dalam Dunia Film dan Perbedaannya dengan Anti-Hero

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:43 WIB
Karakter jahat dari villain ini yang bikin para superhero harus putar otak gimana cara...
Ist

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, IFG Angkat ‘Power to Inclusion’

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:13 WIB
Indonesia Financial Group (IFG) kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan lingkungan kerja yang inklusif bagi setiap insan, termasuk...
Dok. Pribadi

Gelar Pameran Lukisan Tunggal, Muhammad Salman Farisyi Bagikan Inspirasi dan Makna Hidup

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:04 WIB
Sebanyak 47 karya lukisan Salman yang terinspirasi dari keindahan bunga Sakura, dipamerkan dalam eksibisi yang juga jadi ajang lelang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya