Kamis 10 November 2022, 09:50 WIB

Kasus Gagal Ginjal Akut di Aceh Sudah Terkendali

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kasus Gagal Ginjal Akut di Aceh Sudah Terkendali

ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA
Petugas Dinas Kesehatan Solo melakukan pengecekan obat berbahan cair atau sirop saat Sidak Apotek di Solo, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022)

 

WAKIL Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan penanganan Kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) di Provinsi Aceh saat ini sudah mulai terkendali dengan baik. Meski sebelumnya kasus pada anak ini sempat melonjak, namun seiring waktu kasus tersebut mulai melandai.

"Berdasarkan hasil kunjungan kerja, dapat kami simpulkan bahwa penanganan kasus gagal ginjal akut progresif atipikal di Aceh saat ini sudah mulai terkendali, sehingga dapat disimpulkan untuk pemicu gagal ginjal akut di Aceh sudah bisa diidentifikasi," kata Melki dalam keterangannya, Kamis (10/11).

Baca juga: Peneliti UI Ciptakan Inkubator Aman, Dapat Dipergunakan di Rumah

Legislator Fraksi Partai Golkar tersebut mengatakan untuk aspek pencegahan atau pemicu gagal ginjal di Aceh sudah bisa diidentifikasi dan sudah bisa dikerjakan sehingga kasus di Aceh yang tadinya tinggi saat ini sudah turun secara signifikan.

"Dapat dilihat faktor utama dari pasien gagal ginjal tersebut dari sirup yang terindikasi kadar tinggi yang mengandung etilena glikol (EG) dan dietilena glikol (DEG) namun hal itu sudah bisa ditangani dengan cara pihak Balai Besar POM menghentikan distribusi segala produk obat sirup di Aceh sehingga kasus gagal ginjal akut menurun dan melandai," jelas Melki.

Pasien yang terindikasi dan akan menjalani pengobatan dari suspek, probable, dan kemudian confirm juga sudah bisa ditangani. Sedangkan bagi pasien yang sudah confirm karena gagal ginjal akut saat ini sudah dilakukan pengobatan dengan obat yang dikirim dari Jakarta.

"Obat yang sudah dikirim juga sudah bisa dipakai untuk menekan dan mengurangi anak-anak meninggal di Aceh karena gagal ginjal akut. Obat Antidotum yang dikirim dari Jakarta sudah digunakan di Aceh, bahkan obat tersebut diklaim efektif untuk menekan, mengurangi dan mencegah penyakit tersebut pada anak-anak," pungkasnya. (H-3)

Baca Juga

Dok Litbang MI

PPOK Juga Ancam Perokok Pasif

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 07:05 WIB
Karena fungsi paru tidak bisa kembali normal, pasien PPOK dianjurkan melakukan rehabilitasi medik untuk melatih otot...
Antara

KPI Dukung Pelaksanaan ASO Tahap II

👤Ant 🕔Rabu 30 November 2022, 23:08 WIB
Adapun wilayah-wilayah yang akan melaksanakan ASO tahap II ini antara lain Kota Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang dan...
Antara

Stigma Negatif Masih Melekat pada ODHIV

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 30 November 2022, 22:51 WIB
Padahal, penularan HIV bisa terjadi dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan jarum suntik yang tidak aman, transfusi tidak aman, hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya