Selasa 08 November 2022, 15:30 WIB

Hukum Gadis Muda Memberi dan Menjawab Salam kepada Nonmahram

Meilani Teniwut | Humaniora
Hukum Gadis Muda Memberi dan Menjawab Salam kepada Nonmahram

AFP/Christina Assi.
Peziarah wanita tiba di kamp mereka di Mina dekat kota suci Saudi Mekah pada 7 Juli 2022 selama ziarah haji tahunan.

 

DALAM Islam, mengucapkan salam memiliki hukum sunah. Sunah di sini berarti dikerjakan berpahala dan tidak dikerjakan tidak apa-apa. Sedangkan menjawab salam hukumnya wajib. 

Lalu, apakah ada hukum lain selain keduanya? Ada. Ternyata ada juga salam yang tidak diperbolehkan alias haram dilakukan. Berikut pemaparan dari kitab Hasyiyah Ianatut Tholibhin sebagaimana dikutip dari @limofficial_lirboyo di Instagram.

Salam yang diharamkan

Salam yang diharamkan yaitu ucapan salam dari seorang gadis muda kepada lawan jenis yang bukan mahramnya dan bukan suaminya. Begitu juga sebaliknya, seorang gadis muda juga diharamkan menjawab salam lelaki nonmahram dan bukan suaminya. 

Baca juga: Tiga Zikir Sunah Rasul Dibaca 100 Kali Sehari dan Manfaatnya

Hal ini karena ucapan salam seorang wanita dinilai rawan menggoda hati para lelaki untuk berinteraksi lebih lanjut dengannya. Karenanya, itu berpotensi menimbulkan fitnah.

Pengecualian 

Namun, jika salam itu disampaikan atau dijawab oleh wanita tua renta yang sudah dirasa tidak memunculkan syahwat, hal diperbolehkan meskipun dengan nonmahramnya. 

Salam yang diharamkan sebagai langkah preventif (pencegahan) bagi para wanita untuk menghindari gangguan dari lawan jenisnya yang kadang jail. Ini karena wanita pada dasarnya harus dilindungi, bukan dipermainkan. (OL-14)

Baca Juga

Dok Plan International Indonesia

Plan Indonesia Beri Dukungan Psikososial untuk Anak Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 10:25 WIB
Tim Tanggap Darurat Yayasan Plan International Indonesia memberikan dukungan psikososial (psychosocial support) bagi anak-anak terdampak...
doyanblog.com

Catat, Ini Rumus Luas Trapesium

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 29 November 2022, 10:19 WIB
Trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama...
MI/RAMDANI

Ini Situs dan Aplikasi Kalkulator Kehamilan untuk Prediksi Hari Persalinan

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 29 November 2022, 10:00 WIB
Menghitung usia kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran adalah hal yang penting. Usia kehamilan juga dapat dijadikan sebagai acuan prediksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya