Selasa 27 September 2022, 16:24 WIB

Kemenkeu: Gaji Guru PPPK Harusnya Dibayar Tepat Waktu oleh Pemda

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Kemenkeu: Gaji Guru PPPK Harusnya Dibayar Tepat Waktu oleh Pemda

ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Sejumlah guru menuntut pembayaran gaji penuh bagi mereka yang telah diangkat menjadi PPPK.

 

GAJI guru honorer yang telah lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mestinya bisa dieksekusi tepat waktu oleh pemerintah daerah. Sebab, setiap bulannya pemerintah pusat memasukkan pembayaran gaji tersebut ke dalam mata anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).

Demikian dikatakan Direktur Dana Transfer Umum Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Adriyanto saat dikonfirmasi, Selasa (27/9). Dia mengatakan, gaji untuk PPPK guru sudah dihitung ke dalam DAU yang ditransfer setiap bulan ke seluruh pemda.

"Sebagian DAU yang ditransfer tersebut harus digunakan untuk bayar gaji P3K yang sudah diangkat. Jadi, P3K yang sudah lulus seleksi, segera diangkat dan dibayarkan gajinya karena sudah tersedia dalam DAU," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, sejumlah guru honorer asal Bandar Lampung yang telah lulus seleksi PPPK pada Oktober dan Desember 2021 urung menerima SK sampai saat ini. Sejumlah guru itu kemudian mengadu ke pengacara Hotman Paris agar bisa membantu persoalan tersebut.

Baca juga: BLT Dinilai Efektif Karena Penerima Lebih Jelas

"Halo Ibu Wali Kota Bandar Lampung, begitu banyak guru honorer yang datang ke Hotman, mereka memperjuangkan haknya agar diangkat resmi dan juga agar dibayar gajinya," kata Hotman dalam unggahannya di akun Instagram @hotmanparisofficial dikutip Medcom.id, Selasa, (27/9).

Hotman menyebut guru mengadu sudah tidak menerima gaji sejak lulus seleksi PPPK. Bahkan, mereka diancam tidak diloloskan sebagai guru karena membawa persoalan ini ke pengacara kondang tersebut.

"Yang paling mereka khawatirkan, karena mereka berjuang ke Hotman, mereka khawatir tidak akan diloloskan sebagai guru," beber dia.

Guru honorer itu juga terancam mengikuti tes ulang PPPK. Hotman meminta tak ada intrik mempersulit pengangkatan guru honorer yang sudah lulus seleksi PPPK. (OL-4)

Baca Juga

Omar HAJ KADOUR / AFP

PP Muhammadiyah Sampaikan Dukacita Atas Musibah Gempa Bumi Turki dan Suriah

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 00:32 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berharap bencana tersebut dapat segera termitigasi dengan sigap di kedua...
Antara

Baru 10 RS yang Bisa Lakukan Bedah Jantung Terbuka, Menkes: Perlu Kolaborasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:51 WIB
Saat ini, masih dibutuhkan 1.282 spesialis jantung dan pembuluh darah, serta spesialis lainnya untuk memberikan layanan jantung dan...
FOTO ANTARA/Fanny Octavianus

IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi Izin

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 23:20 WIB
IDEAS Sebut 108 Lembaga Zakat Bukan Tak Berizin Tapi Tak Diberi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya