Kamis 22 September 2022, 07:30 WIB

Ini Jenis Pekerjaan, Tugas, dan Keahlian yang Dibutuhkan

Meilani Teniwut | Humaniora
Ini Jenis Pekerjaan, Tugas, dan Keahlian yang Dibutuhkan

ANTARA/Yusuf Nugroho
Sejumlah buruh rokok memproduksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) di Kudus, Jawa Tengah.

 

PEKERJAAN adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. Para pekerja akan mendapatkan gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan atau pemberi kerja, dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan berdasarkan kontrak telah disetujui oleh kedua belah pihak. Pembayaran gaji dapat dalam bentuk upah per jam, gaji tahunan atau pekerjaan borongan, tergantung dari jenis profesi dan di sektor mana mereka bekerja. 

Baca juga: Ini Pentingnya Tahu Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja

Berikut ini adalah jenis pekerjaan, tugas dan keahlian yang dibutuhkan. 

1. Arsitek 

Profesi yang pertama ada arsitek. Arsitek berhubungan dengan bangunan–bangunan yang megah atau gedung bertingkat pencakar langit yang merupakan hasil karya mereka. 

Tugas Arsitek antara lain, mengelola tata ruang sebuah bangunan, menata letak bangunan yang memiliki keterikatan fungsi, menentukan konsep desain interior dan eksterior, menentukan jenis dan letak instalasi listrik, pipa air serta ventilasi udara pada bangunan, melakukan penentuan anggaran biaya pembangunan.

2. Insinyur Elektro

Insinyur Elektrikal (Electrical Engineers) adalah seorang yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan Perancangan, Pembangunan Pemeliharaan Sistem Keelektroan. 

Untuk menjadi Insinyur Elektrikal dibutuhkan pengetahuan, keterampilan, sikap kerja dan Etika profesi yang harus dijunjung tinggi dalam melaksanakan pekerjaan di bidang teknik keelektroan.

3. Dokter 

Pernahkah Anda sakit? Dokter bertugas mengobati dan mencegah timbulnya kembali penyakit. Jadi, dokter akan melakukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan medis pada pasien dengan pengetahuan medis dan rasa kemanusiaan. Dokter juga melayani konsultasi kesehatan, jadi bukan cuma mengurusi orang sakit saja.

Dokter adalah profesi yang bergerak di bidang kesehatan sesuai dengan keahliannya.

Tugas dokter:

  • Dokter gigi bertugas menangani pasien yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut.
  • Lalu, dokter anak bertugas menganani masalah kesehatan atau penyakit anak.
  • Sementara dokter jantung bertugas menangani pasien terkait permasalahan denyut jantung abnormal.

4. Guru 

Guru adalah sebuah profesi, pekerjaannya mengajar atau mendidik siswa atau murid di sekolah. Tugas guru antara lain Melatih peserta didik, memberikan bimbingan dan pengarahan, mengajarkan ilmu dan budi pekerti, melakukan evaluasi, memberikan penilaian dan motivasi.

5. Apoteker 

Apoteker bertugas melakukan pengamanan, pengadaan, penyimpanan, hingga penyaluran obat di sebuah apotek. Seorang apoteker juga akan melayani pengelolaan obat berdasarkan resep dokter.

6. Nelayan

Pekerjaan yang dapat dilakukan dengan latar belakang geografis ini mayoritas adalah nelayan. Nelayan bertugas untuk berlayar dan menangkap ikan atau hasil laut lainnya, yang kemudian dijual di pasar ikan.

7. Dosen

Dosen bertugas untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni melalui upaya pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini, dosen biasanya berada di ranah sebuah perguruan tinggi.

8. Konselor

Yakni pekerjaan yang bertugas memberikan pelayanan konseling terutama di instansi pendidikan. Seorang konselor harus memiliki latar belakang pendidikan minimal S-1 jurusan Psikologi Pendidikan atau Bimbingan Konseling (BK).

9. Hakim

Yakni sebuah pekerjaan yang bertugas untuk memimpin jalannya persidangan. Hakim juga bertugas membuat sebuah keputusan akhir atas kasus yang tengah dipersidangkan. Untuk menjadi sebuah hakim, membutuhkan kredibilitas dan integritas tinggi.

10. Notaris

Yakni sebuah pekerjaan yang bertugas untuk membuat dokumen atau akta mengenai suatu ketetapan tertentu dan berkaitan dengan aturan hukum. Misalnya membuat akta kepemilikan tanah, akta pendirian yayasan, hingga akta pemutusan harta warisan.

11. Teller Bank

Yakni pekerjaan yang bertugas untuk melakukan verifikasi atas identitas pelanggan sekaligus memproses permintaan setoran dan penarikan dari rekening bank yang bersangkutan. Untuk menjadi sebuah teller bank, tidak harus memiliki latar belakang pendidikan jurusan ekonomi kok, semua jurusan dapat melamar pekerjaan ini.

12. Artis

Artis itu bukan selalu ditujukan pada pemain film atau sinetron di televisi saja lho. Sebutan artist ini berkaitan dengan pekerja seni atau seniman. 

Para seniman yang membuat sebuah lukisan dan dipamerkan di galeri atau museum itu juga termasuk artist. Sayangnya, pekerjaan artis, terutama seniman, memiliki stabilitas keuangan yang sulit sehingga terkadang para seniman terpaksa mencari pekerjaan tambahan sebagai sumber penghasilan.

13. Pustakawan

Yakni pekerjaan yang di perpustakaan untuk membantu orang dalam menemukan buku, majalah, atau informasi lain yang ada di perpustakaan tersebut. Biasanya, para pustakawan ini memiliki latar belakang pendidikan S-1 Ilmu Perpustakaan.

14. Technical Engineer

Yakni pekerjaan yang bertugas untuk menangani masalah teknik, baik dalam hal pemeliharaan maupun perbaikan pada perangkat sistem komputer.

15. Programmer

Yakni pekerjaan yang bertugas untuk melakukan implementasi rancangan akan sistem analisis. Biasanya, seorang programmer akan diminta untuk membuat program sesuai dengan sistem yang hendak dianalisis. Pekerjaan programmer ini juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni Application Programmer, Database Programmer, Multimedia Programmer, dan Web Programmer.

16. EDP Operator

Yakni pekerjaan yang bertugas untuk menjalankan sebuah program tertentu, terutama yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan perusahaan.

17. MIS Director

Yakni pekerjaan yang bertugas untuk melakukan pengelolaan terhadap sistem secara menyeluruh, mulai dari segi hardware, software, hingga sumber daya manusianya.

18.  Kondektur

Membantu sopir mengatur penumpang supaya teratur dalam Bus umum atau Bus sekolah. Kondektur adalah seorang pegawai resmi dari perusahaan transportasi yang bertanggung jawab atas operasional kendaraan dan keselamatan penumpang selama perjalanan.

Tugas kondektur: Memastikan semua penumpang memiliki tiket yang valid, Memastikan semua penumpang merasa nyaman dan mendapatkan pelayanan terbaik, Mewakili perusahaan penyedia jasa bus atau kereta api dalam melayani penumpang.

19.  Koki dan Chef

Tugas memasak dan meracik menu di rumah makan, restoran, kafe, dll.

Koki atau juru masak adalah orang yang menyiapkan makanan untuk disantap. Istilah ini kadang merujuk pada chef, walaupun kedua istilah ini secara profesional tidak dapat disamakan.

Juru masak atau koki adalah seseorang yang menyiapkan dan memasak makanan, sedangkan chef adalah membuat racikan menu untuk dimasak Koki (juru masak) jadi chef adalah guru masak yang terampil dan terlatih yang bekerja di hotel atau restoran. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Fauzan

Menkes Sebut Stok Vaksin Covid-19 Masih Tersedia 5 Juta Dosis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:45 WIB
Stok vaksin di daerah masih ada 2,5 jutaan, di pusat masih ada 2,5 jutaan dosis, kata...
ANTARA

Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Penting Bagi Lansia

👤Widhoroso 🕔Kamis 29 September 2022, 23:29 WIB
Kemenko PMK mengingatkan pentingnya vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) bagi kelompok...
Antara/Irwansyah Putra.

Daging Kambing Naikkan Libido dan Kolesterol, Fakta atau Mitos?

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:56 WIB
Dokter spesialis gizi klinik dari RS Medistra dr. Cindiawaty J. Pudjiadi, MARS, MS, SP.GK menjawab beberapa mitos terkait daging...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya