Kamis 25 Agustus 2022, 18:41 WIB

Prodi Bioinformatika i3L Dorong Mahasiswa Kembangkan Pengetahuan Bidang AI

Widhoroso | Humaniora
Prodi Bioinformatika i3L Dorong Mahasiswa Kembangkan Pengetahuan Bidang AI

DOK i3L
Ilustrasi

 

BIDANG Artificial Intelligence (AI) perhatian di dunia saat ini. Dua hal utama dari AI sendiri adalah machine learning dan juga deep learning dalam berbagai bidang dan memiliki kaitan erat dengan ilmu Bioinformatika.

Muammar Sadrawi, B.S., M.S., Ph.D., dosen Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menyatakan, peran AI dalam Bioinformatika merupakan sistem yang mengadopsi sistem biologi secara spesifik. Sebagai contoh, artificial neuron network, sistem yang mengadopsi sistem otak makhluk hidup, seperti neurons dan synapses. Sistem saraf ini, jelasnya, juga sangat dekat hubungannya dengan ilmu biologi, yang merupakan salah satu inti dari bioinformatika, selain komputer dan matematika.

"Prodi Bioinformatika i3L memiliki berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan koding yang merupakan sumber utama dari AI, terkhusus Python. Mahasiswa di prodi BI diajarkan dari pemograman dasar seperti conditional "if" dan looping "for" hingga metode AI yakni convolutional neural network untuk menyelesaikan suatu kasus pada kehidupan nyata. Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah bagaimana mahasiswa dapat secepat mungkin familiar dengan metode terkini dari AI dengan memiliki dasar pemograman yang tangguh," ungkap Sadrawi dalam keterangan yang diterima, Kamis (25/8).

Dikatakan, Bioinformatika i3L telah memiliki beberapa publikasi inter koneksi antara AI dan BI. Dosen-dosen BI di i3L juga telah memiliki beberapa publikasi mengenai AI.

Selain itu, Prodi Bioinformatika di i3L memiliki mata kuliah pemograman Python yang mengajarkan mahasiswa menggunakan perangkat keras dengan framework dari TensorFlow. "Harapan besar dari penggabungan AI dan BI adalah terciptanya environment bagi mahasiswa dan dosen yang sudah sangat familiar dengan dua ilmu tersebut. Dengan terciptanya kondisi ini, sangat diharapkan kolaborasi antara universitas dan industri yang berkaitan dengan AI selama masa perkuliahan. Selain itu alumni dari BI dapat mengembangkan beberapa perusahaan kecil yang bergerak pada dunia digital yang berbasis pada AI," jelasnya.

Sadrawi menambahkan, penerapan aplikasi AI dan Bioinformatika sangatlah luas. Dalam beberapa tahun ini, biological-inspired robot menjadi topik yang hangat di kalangan peneliti dan industri. Baru-baru ini, sistem kerja ubur-ubur diadopsi menjadi robot yang secara efisien bisa berenang.

“Di kasus yang lain, robot dengan adopsi teknologi koloni semut juga telah berkembang. Satu aplikasi tercanggih dari cabang ilmu ini adalah Boston Dynamics. Teknologi ini merupakan humanoid robot yang dikembangkan dua raksasa industri yakni Google dan SoftBank. Berdasarkan referensi di atas, BI sangatlah mungkin untuk memberikan kontribusi perihal dengan aplikasi robotika dan sistem cerdas lainnya baik untuk sisi akademis maupun industri," tutur Sadrawi. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. Kementan

Hari Kopi Internasional, Mentan SYL Ajak Masyarakat Tanam Kopi Lebih Masif

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:34 WIB
Menurut SYL, kementan saat ini terus memperbaiki sistem budidaya kopi menjadi lebih berkualitas. Selain itu juga memperbaiki sistem...
Dok  Garis Sepuluh Corporation.

Riko The Series Ajak Anak Berani Sunat Dengan Cara Unik

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:11 WIB
Riko The Series kembali meresmikan kerjasama mereka dengan salah satu klinik sunat ternama di Indonesia yaitu Sunat123 pada Jumat (30/9) di...
ANTARA / FIKRI YUSUF

KTT G20 Menghitung Hari, BMKG Siap dengan Skenario Terburuk Potensi Bencana Alam

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:00 WIB
Fokus utama dalam aksi mitigasi yaitu guna memastikan keamanan dan keselamatan Presiden dan Pimpinan Tinggi Negara peserta G20 manakala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya