Kamis 28 Juli 2022, 16:15 WIB

Gaya Hidup Bersih dan Sehat sebagai Kunci Cegah Penyakit

Mediaindonesia.com | Humaniora
Gaya Hidup Bersih dan Sehat sebagai Kunci Cegah Penyakit

MI/Dwi Apriani.
Siswa SD 33 Palembang mencuci tangan sebelum masuk kelas untuk mencegah korona.

 

SELURUH masyarakat diingatkan mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup bersih dan sehat. Ini penting sekali jika kita ingin mencegah berbagai macam penyakit, termasuk yang baru terdeteksi seperti covid-19 dan cacar monyet.

"Perubahan gaya hidup menjadi penting. Gaya hidup yang bersih, aman, dan tidak memberikan beban kepada lingkungan," kata akademisi dari Universitas Indonesia (UI) dr. Agustin Kusumayati, Msc., PhD dalam acara gelar wicara dengan tema Pola Hidup Bersih dan Sehat yang diakses secara daring dari Jakarta, Kamis (28/7).

Pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI tersebut menjelaskan bahwa gaya hidup sehat menjadi sangat penting. Ini karena di tengah pandemi covid-19, terdapat juga kemunculan beberapa penyakit lain seperti hepatitis akut dan cacar monyet.

"Kalau ditanya kenapa ada beberapa penyakit muncul dan mewabah, ada banyak faktor yang terjadi. Salah satunya yang kita rasakan yakni perubahan iklim. Selain itu kualitas lingkungan juga bisa berdampak pada perubahan keseimbangan," katanya. 

Agustin Kusumayati juga menambahkan untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai penyakit, masyarakat perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam upaya menjaga lingkungan. "Contoh sederhananya yaitu beraktivitas dengan berjalan kaki. Ini selain hemat energi juga sangat baik bagi peningkatan daya tahan tubuh, tercegah dari berbagai penyakit tidak menular," katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat perlu menerapkan pola hidup bersih sehat dengan mengonsumsi makanan segar, menjaga pola tidur dan pola makan, olahraga secara rutin, rajin cuci tangan, tidak merokok, menghindari stres, dan menjaga kebersihan lingkungan. "Hal itu bisa dilakukan oleh setiap individu dan setiap keluarga untuk bersama-sama menjaga pola hidup bersih dan sehat," katanya.

Agustin juga mengingatkan perlunya sosialisasi dan edukasi secara intensif guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. "Kampanye yang harus dibangun atau gaya hidup yang perlu dipromosikan yakni gaya hidup bersih, aman, dan yang berdampak baik bagi pelestarian lingkungan secara jangka panjang," katanya. (Ant/OL-14)

Baca Juga

MI/HO

Pulihkan Ekosistem Pesisir, Sekjen KLHK bersama IKA PIMNAS Tanam Mengrove di Tana Tidung

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:40 WIB
"Upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove ini menjadi agenda utama Bapak Presiden, sekaligus upaya untuk mengurangi...
MI/RAMDANI

Menerapkan Batas Saat WFH Bisa Beri Ketenangan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:30 WIB
Penerapan manajemen batas atau boundary managemen intinya memisahkan antara kehidupan personal dan...
DOK Sinar Mas Land.

Program Sampah Plastik Tukar Beras dari Sinar Mas Land Raih Penghargaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:48 WIB
Plastic to Food merupakan bagian dari program edukasi cinta lingkungan Green Habit 2.0 yang diinisiasi oleh Sinar Mas Land berkolaborasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya