Selasa 19 Juli 2022, 20:05 WIB

Menteri PPPA: Pandemi Covid-19 Perburuk Kualitas Hidup Perempuan

mediaindonesia.com | Humaniora
Menteri PPPA: Pandemi Covid-19 Perburuk Kualitas Hidup Perempuan

ANTARA/Reno Esnir
Menteri PPPA I Gusti Bintang Puspa Yoga berpidato pada pembukaan W20 Indonesia Summit 2022 di Parapat, Danau Toba, Sumut, Selasa (19/7).

 

MENTERI Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan pandemi covid-19 telah memperburuk kualitas hidup dan menghambat produktivitas perempuan.
 
"Pandemi covid-19 telah memperburuk kualitas hidup perempuan dan menghambat produktivitas perempuan," kata dia dalam acara W20 Summit yang diikuti di Jakarta, Selasa (19/7).
 
Dia mengatakan hal tersebut disebabkan oleh tingginya tingkat stres dalam rumah tangga yang membuat meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga.
 
"Dengan ketidakseimbangan kekuasaan dan stres yang tinggi, kekerasan terhadap perempuan khususnya kekerasan dalam rumah tangga juga telah meningkat," katanya.
 
Terlebih, menurut dia, banyak perempuan yang terjebak bersama dengan pelaku kekerasan dan terputus dari jaringan sosial mereka.


Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Puan Minta Prokes Sekolah Jadi Perhatian Lebih

 
Bintang menambahkan pandemi juga telah membuat banyak perempuan kehilangan pekerjaan sehingga terjatuh dalam jurang kemiskinan.
 
Oleh karena itu, lanjut dia, penting untuk memberdayakan perempuan secara ekonomi karena akan memberikan dampak positif bagi perempuan  tersebut dan keluarganya.
 
"Terbukti juga bahwa perempuan yang diberdayakan secara ekonomi menciptakan dampak yang positif, memberikan anak-anak mereka nutrisi,
kesehatan dan pendidikan yang lebih baik dalam upaya membangun masyarakat yang berkelanjutan," ujar Bintang.
 
Ia berharap W20 dapat memperkuat komitmen para negara-negara anggota G20 untuk membuat perubahan positif dalam upaya pemberdayaan perempuan dan serta menciptakan dunia yang inklusif bagi semua.
 
Women 20 (W20) merupakan salah satu engagement group dalam Presidensi G20 Indonesia untuk mengangkat isu-isu pembangunan perempuan, kesetaraan gender, pertumbuhan inklusif dan kerja sama perempuan di sektor ekonomi internasional. (Ant/OL-16)

Baca Juga

quora.com

Mengenal Manfaat Gerakan Meroda dan Cara Melakukannya

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 06:15 WIB
Gerakan Meroda adalah gerakan memutar tubuh dari arah samping. Tumpuan gerakan meroda terletak di bagian kaki serta...
Instagram @disneyplushotstarid

Ini Beda Tokoh Protagonis dan Antagonis

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 05:30 WIB
Protagonis adalah tokoh yang memiliki watak baik, dikenal, dan disukai semua orang. Tokoh ini merupakan kunci dan bagian yang sangat...
Ist

Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:40 WIB
Proses radikalisasi seringkali masuk akibat keterbukaan yang tidak diiringi sikap kritis. Hal ini mengingat strategi infiltrasi kelompok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya