Minggu 22 Mei 2022, 18:32 WIB

Tinjau Hotel Jemaah Haji di Madinah, Menag Mengaku Puas

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Tinjau Hotel Jemaah Haji di Madinah, Menag Mengaku Puas

Antara
Menteri Agama Yaqut Cholil saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR.

 

DALAM kunjungannya ke Arab Saudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meninjau hotel di Madinah yang akan ditempati jemaah haji Indonesia 1443H/2022M. 

Yaqut mengaku puas dengan kondisi hotel yang akan ditempati oleh jemaah. Adapun yang dikunjungi Yaqut ialah Hotel Jiwar al Tsaqifah di wilayah Markaziyah Gharbiyyah. Lalu, dirinya meninjau Hotel Riyadh Azzahra di wilayah Markaziah Syimaliah, dengan jarak hanya 240 meter dari Masjid Nabawi.

"Saya puas dengan kondisi hotel yang dikunjungi. Sebagian besar jaraknya dekat dengan Masjid Nabawi. Kondisinya juga siap menerima jemaah," ujar Yaqut, Sabtu (21/5).

Baca juga: Kuota Haji Masih Tersisa, 2.531 Jemaah Waiting List Lunasi Bipih

"Saya coba lift hotel juga masih terawat dan terlihat catatan servis rutin. Tempat makannya luas dan bersih," sambungnya.

Layanan akomodasi jemaah haji Indonesia di Madinah menggunakan sistem full musim dan penyewaan blocking time. Hotel yang disewa terpusat pada tiga wilayah, yaitu Markaziyah Syimaliah, Markaziyah Gharbiah dan Markaziyah Janubiah. 

Baca juga: Usia Calon Jemaah Dibatasi Maksimal 65 Tahun

Total ada 29 hotel yang tersebar di tiga wilayah tersebut, dengan kapasitas 24.315 jamaah haji. Jemaah haji di Indonesia akan tinggal paling lama 9 hari di Madinah. Mereka akan menjalani ibadah Arbain atau salat berjamaah di Masjid Nabawi dalam 40 waktu.

Setelah itu, jemaah gelombang pertama yang lebih dulu ke Madinah, akan diberangkatkan ke Makkah untuk menjalani proses haji. Lalu, setelahnya kembali ke Tanah Air.

Adapun jemaah yang berangkat pada gelombang kedua, lebih dulu ke Makkah. Setelah proses haji, mereka diberangkatkan ke Madinah untuk menjalani Arbain dan akhirnya pulang ke Indonesia.(OL-11)
 

Baca Juga

 ANTARA/Maulana Surya

Benarkah Cabut Gigi Atas Bisa Sebabkan Kebutaan?

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:55 WIB
Rumor tersebut juga masih saja menjadi keyakinan bagi sebagian masyarakat, bahkan sering kali dijadikan sebagai salah satu alasan untuk...
Antara

50,8 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:35 WIB
Penyuntikan vaksin dosis kedua juga bertambah...
AFP/Frederic J BROWN

Penerima Vaksin Booster di Indonesia Baru Capai 50,8 Juta Orang

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 22:10 WIB
Cakupan vaksinasi booster secara nasional baru mencapai 24%. Cakupan itu belum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya