Kamis 19 Mei 2022, 22:59 WIB

Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

Selamat Saragih | Humaniora
Hepatitis Akut Merebak, Orangtua Diminta Bawa Anaknya ke Rumah Sakit Jika Alami Gejala

Freepik.com
Ilustrasi hepatitis akut

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, mengimbau para orangtua untuk segera membawa anaknya ke rumah sakit jika mengalami demam, mual, hingga tidak memiliki nafsu makan.

Sebab, lanjutnya, bisa saja gejala itu menjadi salah satu tanda penyakit hepatitis akut misterius.

"Kalau ada anak usia kurang dari 16 tahun dengan keluhan gangguan saluran cerna, mual, muntah, diare, nyeri perut, lemah, tidak nafsu makan, pegal linu, maka orangtua wajib membawa anaknya ke dokter," kata Dwi dalam diskusi daring, di Jakarta, Kamis (19/5).

Anak yang diperiksa kemungkinan akan diminta untuk melakukan kontrol ulang. Saat kontrol ulang, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan laboratorium dan rontgen.

"Terdapat delapan gejala penyakit hepatitis akut misterius yakni badannya kuning, matanya kuning. Ini seperti sebelumnya kita kenal istilah sakit kuning," ujarnya.

Baca juga : Inovasi Deteksi Dini Tingkatkan Cangkupan Skrining Kanker Serviks di Indonesia

Sebelumnya, Dinkes DKI Jakarta memaparkan perkembangan kasus hepatitis akut misterius yang terjadi di DKI Jakarta dalam rapat kerja bersama Komisi E DPRD DKI Jakarta, Rabu (18/5).

Dwi menjelaskan, terdapat 24 orang yang sudah diperiksa terkait penyakit hepatitis. Hasilnya satu orang dikategorikan sebagai suspek, tiga kasus probable, dan 20 lainnya masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

"Sekarang yang masih berstatus pengembangan itu sebanyak 20 orang, jadi masih perlu hasil periksanya," ujar Dwi di Gedung DPRD DKI, Rabu.

Dwi menambahkan, angka tersebut mengerucut dari temuan sebelumnya yang mencapai 49 orang. Adapun jumlah kumulatif hepatitis akut di Indonesia meningkat menjadi 27 kasus. (OL-7)

Baca Juga

dok.ist

Tekan Deforestasi, Plana Usung Produk Non-Kayu

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 08:05 WIB
MEMBAWA misi menekan laju deforestasi dan turut mengurangi sampah plastik, Plana meluncurkan produk yang terbuat dari sekam gabah padi dan...
dok.panitia

Sumatra Utara Juara Umum Pesparawi Nasional XIII

👤Ardi T Hardi 🕔Senin 27 Juni 2022, 07:55 WIB
PESTA Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XIII secara resmi ditutup, kontingen Sumut juara umum dan berhak membawa Pila Bergilir...
dok.ist

Sandiaga Uno Membatik di Rumah Adat Puri Melayu Tebing Tinggi Sumut

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:00 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno mengunjungi rumah adat Puri Melayu Sri Menanti di Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Di sana, Sandiaga Uno sempat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya