Rabu 18 Mei 2022, 20:52 WIB

Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, ini Penyebab dan Cara Mengobati

Pierre Lavender | Humaniora
Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, ini Penyebab dan Cara Mengobati

MI/Ramdani.
Ilustrasi ibu hamil sakit pinggang.

 

PENYAKIT sakit pinggang sebelah kanan pada wanita bisa karena radang usus buntu. Radang ini ditandai dengan sakit pinggang kanan selama beberapa hari. Tidak hanya sakit, tetapi itu juga disertai hilangnya nafsu makan, mual, muntah dan demam. Usus buntu bisa menyerang segala usia, apalagi wanita.

Salah satu pemicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan yaitu penyempitan tulang belakang. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh radang sendi yang berkaitan dengan penuaan. Masalah pada bantalan saraf tulang belakang atau saraf terjepit juga bisa menyebabkan nyeri pada pinggang sebelah kanan.

Sakit pinggang sebelah kanan dapat ditangani dengan perawatan di rumah sederhana seperti berikut.

1. Kompres menggunakan air hangat atau es batu.

Mengompres pinggang yang sakit menggunakan es batu atau air panas selama 20–30 menit setiap 2–3 jam untuk meredakan nyeri dan peradangan. Bisa menggunakan botol kaca untuk mengompres pinggang menggunakan air panas. Sementara itu bisa menggunakan plastik atau handuk jika menggunakan es batu.

2. Minum obat pereda nyeri

Minumlah obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen (advil, mortin) atau acetaminophen (tylenol) juga bisa menghilangkan sakit pinggang sebelah kanan. Jangan lupa untuk tetap konsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit. Karena konsumsi obat yang tidak sesuai arahan dokter dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.

3. Rajin minum air putih

Minumlah setidaknya delapan gelas delapan gelas air sehari dan batasi asupan protein hewani dan garam untuk mengurangi risiko batu ginjal. Rajin minum air putih juga dapat membantu menghilangkan racun di dalam tubuh. Dengan demikian, para wanita dapat terhindar dari penyakit lain.

Baca juga: Tata Cara Salat Subuh dan Niatnya

4. Menjaga kebersihan area intim

Jangan lupa untuk membersihkan area intim dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari usus besar masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan saat menggunakan toilet umum. Bersihkan bagian permukaan toilet menggunakna toilet sanitizer agar para ibu terhindar dari kuman dan bakteri.

5. Jaga postur tubuh saat mengangkat barang

Latih teknik pengangkatan yang benar. Angkat barang dengan menekuk lutut dalam posisi jongkok, dan pegang beban di dekat dada. Pasalnya, postur tubuh yang salah dapat menyebabkan saraf kejepit dan menimbulkan rasa sakit di pinggang. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Bermedia Digital dengan Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 00:01 WIB
Dr. Meithiana Indrasari, S.T., MM, mengtaakan di dalam dunia digital, digitalisasi budaya dalam jati diri kita dalam ruang digital tidak...
MI/SUSANTO

Jemaah Bersiap Melaksanakan Puncak Ibadah Haji Kamis Pagi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:30 WIB
Perjalanan haji dimulai dari maktab atau hotel jemaah tinggal, sudah mandi, berpakaian ihram dan niat haji kemudian diberangkatkan mulai...
Freepik.com

Literasi Digital Dapat Mengurangi Perundungan Digital

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:06 WIB
Sekretaris Digimom Indonesia May Safitri memaparkan, remaja menjadi salah satu target atau korban utama dari perundungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya