Senin 25 April 2022, 14:00 WIB

Praktisi Kesehatan: Kunyit Bisa Cegah Penyakit Kesehatan Serius

Mediaindonesia.com | Humaniora
Praktisi Kesehatan: Kunyit Bisa Cegah Penyakit Kesehatan Serius

Medcom.id
Kunyit

 

Praktisi kesehatan dr. Agus Ujianto, Sp.B., M.Si.Med. menilai ekstrak tanaman kunyit (Curcuma longa Linn) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, antibakteri, antijamur, dan antikanker.

"Kurkumin yang merupakan senyawa aktif pada kunyit (ekstrak kunyit, red.) telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman dahulu, mulai dari radang sendi, masalah pencernaan, hingga keluhan kencing," katanya dalam keterangan di Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin.

Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara itu mengatakan kurkumin dikenal sebagai antioksidan yang secara inheren memiliki banyak manfaat kesehatan karena mampu menetralisasi dan menangkal radikal bebas.

Baca juga: Lima Manfaat Super dari Kunyit

Dalam hal ini, radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah dalam tubuh termasuk peradangan dan pembengkakan serta dimungkinkan mendorong pertumbuhan kanker.

"Kurkumin, karena aktivitas antioksidannya, dapat mencegah beberapa masalah kesehatan yang serius ini," kata dia yang juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Digital Indonesia (Predigti) itu.

Menurut dia, kurkumin telah dipelajari secara ekstensif mengenai perannya dalam mencegah dan mengobati kanker. "Ini karena kurkumin dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit dengan beberapa mekanisme," katanya menegaskan.

Pemerhati tanaman obat tradisional itu mengatakan kurkumin dapat memblokir efek penyebab kanker maupun sel pertumbuhan kanker serta dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah menjadi tumor yang pada gilirannya mencegah tumor tumbuh.

Baca juga: Praktisi Kesehatan: Kunyit Bisa Cegah Penyakit Kesehatan Serius

Menurut dia, kurkumin juga dipercaya dapat menyebabkan sel kanker "menghancurkan diri sendiri" dan bisa mencegah sel berkembang biak.

"Dalam keadaan normal, tubuh berusaha untuk membersihkan dirinya dari sel-sel abnormal seperti sel kanker melalui proses yang dikenal sebagai apoptosis. Dalam banyak kasus, sel kanker dapat mencoba untuk mencegah apoptosis. Kurkumin menimpa sel kanker dan menyebabkan sel kanker 'menghancurkan diri sendiri'," kata Agus.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

astrologi.com

Taurus Cocok dengan Zodiak Apa Saja? Ini Tingkat Kecocokannya

👤Meilani Teniwut 🕔Selasa 27 September 2022, 11:15 WIB
Pasangan zodiak Taurus yang paling cocok biasanya memiliki karakter yang lebih pasif dan santai. bahkan tidak jarang, mereka membiarkan...
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 27 September 2022, 11:10 WIB
Presiden Joko Widodo dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara oleh Kesultanan...
duniapendidikan.co.id

Teori Maslow, Lima Tingkat Kebutuhan Dasar Manusia dan Contoh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Selasa 27 September 2022, 11:00 WIB
Maslow beranggapan bahwa kebutuhan menjadi alasan terbentuknya motivasi pada diri seorang individu untuk melakukan semua kegiatan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya