Selasa 01 Maret 2022, 20:53 WIB

BMKG: Sejumlah Wilayah Berpotensi Alami Bencana Hidrometeorologi

Atalya Puspa | Humaniora
BMKG: Sejumlah Wilayah Berpotensi Alami Bencana Hidrometeorologi

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Awan mendung terlihat dari kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika membeberkan, sejumlah wilayah berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor dalam tiga hari ke depan.

"Wilayah tersebut ialah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Fachri Rajab saat dihubungi, Selasa (1/3).

Hal itu disebabkan curah hujan yang tinggi di wilayah tersebut dalam waktu tiga hari ke depan. Untuk itu, Fachri meminta masyarakat untuk waspada.

Baca juga: Bencana Hidrometeorologi Ancam Wilayah Jateng Selatan

"Stakeholder yang terkait kebencanaan untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya," imbuhnya.

Selain itu, Fachri menyebut, sejumlah wilayah di Indonesia yang curah hujannya diprediksi sampai dengan intensitas lebat hingga tiga hari ke depan adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua. (OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Jelang Puncak Haji, Kesehatan Jemaah Harga Mati

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:15 WIB
Edy mengatakan pemerintah terus menyampaikan pesan #jangantungguhaus. Pesan itu mendorong jemaah haji menjaga tubuh terhidrasi dan minum...
MI/Dok Kemenag

E-Haj, Aplikasi yang Memudahkan Jemaah Haji Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:42 WIB
"E-Haj adalah sebuah sistem elektronik haji yang di dalamnya ada beberapa informasi, di antaranya soal kuota yang kami terima,...
Ant/Hanni Sofia

Empat Tips Meraih Ibadah Haji yang Mabrur

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:15 WIB
MENJELANG puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), konsultan ibadah Imam Khoiri menyampaikan 4 bekal meraih kemabruran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya