Senin 21 Februari 2022, 16:09 WIB

Sekolah Prestasi Global Siap Cetak Siswa Berkarakter dan Berwawasan Global

mediaindonesia.com | Humaniora
Sekolah Prestasi Global Siap Cetak Siswa Berkarakter dan Berwawasan Global

Ist
Aktivitas belajar mengajar di Sekolah Prestasi Global.

 

SEKOLAH Prestasi Global (PresGo) Depok merayakan hari jadi (milad) ke-7 pada 16 Februari 2022. Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Graha Cendekia itu beralamat di  Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Pengurus Yayasan Graha Cendekia, Radifan Cakra mengatakan, sejarah Sekolah Prestasi Global  diawali dengan pendirian TK Prestasi yang beralamat di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, pada pada 1 Desember 2007. Ketika itu, gedung sekolah masih ngontrak di sebuah ruko.

“Ada dua tujuan kami mendirikan TK Prestasi. Pertama, untuk mencerdaskan anak-anak bangsa berbasis Islami. Kedua, untuk mempersiapkan pemimpin masa depan yang berkarakter Islami dan berwawasan global,” kata Radifan dalam keterangan pers, Senin (21/2)

Radifan menambahkan, dengan cara demikian, Sekolah TK Prestasi ingin mempersiapkan para siswanya  untuk menjadi pemimpin  dengan pondasi yang kuat sarta berkarakter.

Sebab, pembentukan pola pikir dan perilaku itu yang paling penting pada tingkat pendidikan dasar, terutama TK , SD, SMP dan SMA.

“Mungkin 15-20 tahun lagi mereka menjadi pemimpin di manapun, mereka sudah mempunyai pondasi yang kuat, dengan karakter religius, serta berwawasan nasional plus siap menghadapi era global” ujarnya.

Baca juga: Siswa Smamda 2 Sidoarjo Raih Juara I WSEEC 2021 Gara-gara Ampas Tebu

Dalam waktu singkat, TK Prestasi terus berkembang. Tahun 2014, TK Prestasi  pindah ke gedung baru milik sendiri yang berlokasi di Jalan Palem nomor 1, Rangkapan Jaya (lokasi Sekolah Prestasi Global saat ini).

Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 16 Februari 2015, Yayasan Graha Cendekia mendirikan SD Prestasi Global. “Tanggal inilah yang kemudian dijadikan hari kelahiran Sekolah Prestasi Global, dan tahun 2022 ini kami merayakan milad ke-7,” tutur Radifan.

Sekolah  Prestasi Global, kata Radifan, terus berkembang pesat. “Tahun 2021, SD Prestasi Global meluluskan angkatan pertama. Tahun 2021 pula, Sekolah Prestasi Global membuka jenjang SMP,” ungkapnya.

Dalam tujuh tahun usianya, Sekolah Prestasi Global terus melakukan berbagai upaya dan terobosan sebagai bagian dari ikhtiar menciptakan calon pemimpin yang berkarakter Islami dan berwawasan global.

“Sebagai contoh, pada tahun 2020, Sekolah Prestasi Global mendirikan tiga institusi pendukung, yakni PresGo Psychology Center (PPC), PresGo  Daring Center (PDC), dan PresGo Islamic Center (PIC),” paparnya.

PresGo Psychology Center  (PPC) berfungsi sebagai layanan tambahan untuk siswa-siswi dan juga orang tua/wali, dalam hal kusulitan proses belajar yang terkadang ditemui hambatan dalam hal psikis siswa-siswinya. Maka institusi inilah yang berperan untuk menjadikan hambatan atau kesulitan tersebut terselesaikan dengan baik.

PresGo Daring Center (PDC)  berfungsi melayani siswa, guru dan orang tua dalam proses pembelajaran secara daring atau online, agar menjadi proses yang baik dan menyenangkan serta dapat tercapai tujuan pembelajaran itu sendiri.

PDC lebih melayani dalam banyak hal seperti penyediaan sarana prasarana daring siswa dan guru, menyiapkan bahan ajar daring yang variatif, kreatif dan menyenangkan untuk siswa siswi, serta mengadakan pelatihan untuk para guru dalam hal pemanfaatan teknologi untuk proses daring tersebut.

Juga berfungsi untuk melakukan edukasi kepada para orang tua/wali dalam mendapingi para siswa saat proses belajar mengajar secara daring.

PresGo Islamic Center (PIC) berfungsi merancang dan merencanakan program keagamaan seperti tahfidz Alquran dan hadits, pemantapan praktik  ibadah, peringatan hari besar Islam (PHBI), pembelajaran BTQ, pelayanan kajian untuk orang tua siswa dan guru.

Selain itu, ada parenting Islami, sosial kemasyarakatan serta direncanakan adanya tabungan umrah bagi siswa dan orang tua yang dikelola bekerjasama dengan bank syariah. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

Psikolog: Teknologi Bisa Dimanfaatkan untuk Kemampuan Sosialisasi Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Anna mencontohkan dengan bantuan orang tua sesama anak bisa memanfaatkan gawai untuk saling...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

47.427 Peserta Siap Ikuti Ujian Mandiri SIMAK UI 2022

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:45 WIB
Seperti penyelenggaraan ujian pada tahun sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional dilaksanakan lebih cepat dari ujian S1 Reguler,...
Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya